Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajakan agar Para Perempuan Bersyukur Memiliki Tubuh yang "Tak Sempurna"

Kompas.com - 17/08/2014, 19:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com – Permasalahan perempuan dengan imaji fantasi akan tubuh yang sempurna, merupakan obsesi yang tanpa titik akhir. Entah itu lengan yang kurang ramping, pinggang yang kurang mungil, atau payudara yang kurang kencang. Semuanya selalu terasa kurang dan kurang.

Melihat polemik berkelenjutan antara perempuan dan ambisi memiliki tampilan fisik yang mendekati sempurna. Dua orang ibu dari Amerika Serikat yang memilih disebut anonim, membuat akun instagram @LoveYourLines.

Akun Instagram ini memiliki visi dan misi positif, agar para perempuan di dunia tidak membuang-buang waktu menyesali serta “mengutuk” kekurangan diri terus menerus.

Akun @LoveYourLines dibuat setelah diskusi panjang dengan sejumlah perempuan yang pernah melahirkan, dan bagaimana tanggapan mereka terhadap perubahan bentuk tubuh usai bersalin. Mulai dari perut yang susah “kempis”, guratan selulit, dan kulit yang tak lagi kencang.

Tak sia-sia, animo masyarakat dunia terhadap akun ini sangat positif. Buktinya, hanya dalam satu malam semenjak dilansir, mereka mendapatkan banyak followers, dan lebih kurang 70 foto terunggah lengkap dengan “tumpahan” perasaan banyak perempuan mengenai tubuh mereka masing-masing.

"Aku sedang hamil sekarang. Tubuhku berubah dan melebar. Lalu, stretchmarks hadir di berbagai area di tubuhku. Mereka bagaikan pengingat tahun-tahun kejayaanku, ketika aku menjadi pelari yang melintasi berbagai jalur. Beberapa kali aku mencoba diet agar penampilanku sesuai dengan yang masyarakat inginkan. Pinggang yang lebih kecil, kaki yang lebih kecil, semuanya kecil. Sekarang, kakiku lebih besar, bokong lebih besar, dan lain-lain," tulis salah satu follower perempuan,

"Ternyata sangat menarik, semua tipe perempuan memiliki stretch marks juga. Aku memilikinya sejak aku remaja. Jadi, meskipun sekarang aku seorang ibu, aku sudah terbiasa dengan strecthmarks sejak waktu lama. Aku sekarang sangat kurus. Mungkin saja, saat aku menggenakan pakaian, orang-orang pasti mengira aku tidak memiliki masalah dengan tubuhku," ujar salah satu pendiri akun instagram @loveyourlines (31) yang berprofesi sebagai fotografer gaya hidup dan pernikahan, kepada Huffington Post lewat surat elektronik. 


"Meskipun kita seorang ibu, kita semua memliki guratan selulit, baik yang sudah atau belum memiliki anak. Setiap perempuan memiliki beragam alasan, dan waktu yang berbeda saat mendapatkan stretchmarks tersebut," ujar pendiri @LoveYourLines lainnya.

Mereka berdua mengaku sangat terkejut sekaligus bahagia dengan respon positif yang diekspresikan sejumlah perempuan dalam akun instagram ini. Sebab, dengan demikian berarti tujuan mereka terpenuhi.  Mereka ingin mengajak para perempuan di mana pun berada, untuk mensyukuri tubuh mereka masing-masing. Berhenti mengeluh dan berhenti berusaha menjadi orang lain. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com