Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/08/2014, 08:00 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

KOMPAS.com – Saat merancang sebuah kaus putih kasual dengan permainan kata menarik, tentunya pihak ZARA tidak menyangka bakal mendulang kontroversi di media sosial.

Kali ini, kreativitas ZARA dianggap sudah melampaui batas. Pasalnya, barisan kata berbahasa Inggris pada koleksi kaus putihnya diklaim mengandung pesan berlatarkan isu rasis.

Pada kaus putih berlengan pendek lansiran ZARA yang tertulis “White Is The New Black”, menuai adu argumen antar pengguna media sosial di dunia maya. Ternyata, kalimat tersebut menyinggung sejumlah pihak yang merasa ZARA sama sekali tidak sensitif terhadap isu rasis yang hingga kini masih terbilang sensitif dan belum pernah benar-benar terselesaikan.

Dari sejumlah kontra yang merebak, beberapa di antaranya tak ragu menuliskan kata-kata umpatan yang ofensif sekaligus tajam.

Excellent job Zara for the "white is the new black" tee. Which ever anonymous designer drew up that needs to be fired for ignorance/low IQ, (Bagus sekali Zara untuk kaus “putih adalah warna hitam yang baru”. Siapapun perancang kalian yang membuat kaus ini berhak untuk dipecat karena kebodohannya)” tulis pemilik akun @jennifer222

Seperti dikutip News.com, hingga berita ini diturunkan, pihak dari label ritel ZARA belum memberikan pernyataan apapun mengenai hiruk pikuk yang terjadi di ranah media sosial, terutama Instagram. Namun demikian, kabarnya koleksi kaus ini telah ditarik dari pasaran.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com