Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/08/2014, 13:37 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber BOLDSKY


KOMPAS.com – Tak ada yang sempurna dalam kehidupan ini, tidak juga Anda, apalagi orang lain di sekeliling Anda. Salah satu hal paling mengganggu adalah berhadapan dengan orang yang menjengkelkan.

Memang benar, bagaimana karakter dan pribadi seseorang terbentuk, itu diluar kendali Anda. Berbagai aspek dan faktor bisa mempengaruhi perkembangan personalitas seseorang. Maka dari itu, dalam berurusan dengan orang yang menyebalkan hanya ada dua pilihan.

Pertama, jangan dihiraukan alias anggap mereka tidak ada. Kedua, Anda melakukan hal terpuji, yaitu membantu mereka mengubah perilakunya agar jadi lebih baik, seperti penjelasan di bawah ini:

Latarbelakang
Jangan langsung menghakimi sifat menjengkelkan seseorang. Jika Anda benar peduli, cobalah cari tahu mengenai masa lalu. Sebab, percaya atau tidak, sifat yang menjengkelkan itu berasal dari pengalaman dan masa lalu yang pahit.

Pemahaman dan pengertian
Teman yang baik adalah teman yang memberitahukan keburukan teman sendiri. Namun, cara menyampaikannya juga butuh aturan. Salah satunya mencari waktu dan momen yang tepat. Jangan melakukannya depan banyak orang.

Tunjukkan sikap yang bijak
Diam adalah reaksi paling tepat saat menghadapi orang yang menjengkelkan. Sebab, sikap tanpa bahasa ini lebih ampuh dalam menyadarkan orang lain bahwa sikapnya membuat Anda terganggu.

Tegas
Sabar itu ada batasnya. Rasa-rasanya, tak ada orang di dunia ini yang memiliki kesabaran yang tidak bertepi. Jika dengan diam kurang ampuh dalam menyadarkannya, maka cobalah berusaha untuk lebih tegas.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BOLDSKY
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com