Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Anak Perempuan Lebih Unggul dalam Aritmatika?

Kompas.com - 24/08/2014, 20:30 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

KOMPAS.com - Selama ini banyak anggapan bahwa anak laki-lakiakan selalu lebih unggul dalam segala bidang termasuk ilmu pengetahuan, namun ada penelitian mengenai anak perempuan lebih unggul dalam aritmatika. Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Psychological Science, sebuah jurnal dari Association for Psychological Science, menemukan bahwa keunggulan anak perempuan dalam bidang matematika berdasarkan kemampuan bahasa atau verbal yang lebih unggul.

"Orang-orang selalu berpikir bahwa anak laki-laki lebih unggul dalam bidang matematika dan kemampuan imajinasi visual atau spasial sementara anak perempuan hanyalah unggul dalam bidang linguistik atau bahasa saja,” kata Xinlin Zhou dari Beijing Normal University, yang menulis penelitian dengan Wei Wei, Hao Lu, Hui Zhao, dan Qi Dong Beijing Normal University dan Chuanseng Chen.

Dari University of California, Irvine mengatakan, “Namun, beberapa orang tua dan guru di Cina mengatakan anak perempuan lebih unggul dalam bidang matematika ketimbang anak laki-laki pada saat sekooah dasar,”

Zhou dan rekan-rekannya melakkan serangkaian tes dengan anak usia 8 sampai 11 pada 12 sekolah dasar sekitar Beijing. Memang ternyata perempuan mengungguli anak laki-laki di banyak soal matematika. Mereka juga lebih baik pada tugas seperti pengurangan sederhana, dan perkalian kompleks.

Anak perempuan juga lebih baik pada perbandingan angka dan membuat perkiraan mengenai kecepatan, anak perempuan juga mengungguli anak laki-laki dalam menyelesaikan soal kelipatan angka. Sementara anak laki-laki lebih unggul pada persoalan bangun ruang tiga dimensi.

Anak perempuan juga lebih baik dalam menilai dan membuat kata berirama. Zhou dan rekan-rekannya berpikir mungkin ini kunci dari mengapa anak perempuan lebih unggul dalam aritmatika ketimbang anak laki-laki. “Aritmatika membutuhkan pengolahan verbal,” kata Zhou. Menghitung adalah kegiatan lisan, tabel perkalian dihafalkan melalui lisan dan ketika orang melakukan perhitugan beberapa digit angka mereka menyebutkan hasilnya dan menggunakan ingatannya dirangkai dalam bentuk kata-kata,”
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com