Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Latih Kemampuan Bertanggung Jawab pada Anak lewat Pekerjaan Rumah Tangga

Kompas.com - 25/08/2014, 11:44 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com – Mengajarkan tanggungjawab pada anak tak melulu bersifat akademis, seperti mengerjakan pekerjaan rumah dari sekolah, mendapatkan nilai terbaik, dan sebagainya. Sebenarnya, banyak pekerjaan rumah yang bisa Anda aplikasikan pada anak sembari memberikan sejumlah pelajaran berharga. Seperti terurai berikut ini:

1. Merapihkan tempat tidur
Membiasakan anak merapihkan tempat tidur merupakan pengajaran mengenai tanggung jawab yang patut diterapkan pada anak semenjak usia dini. Lewat cara ini Anda bisa sekaligus mengajarkan soal warna, tata letak kamar, dan manfaat kerapihan sebuah ruangan.

2. Menyiram tanaman
Kebanyakan anak-anak sangat menyukai tugas ini karena mereka bisa sekalian bermain air. Selain itu, si kecil juga dapat belajar tentang tumbuhan dan hewan di lingkungan sekitar.

3. Bertanggungjawab dengan mainan sendiri
Merapihkan mainan sungguh pekerjaan yang membuat lelah para ibu. Sayangnya, Anak balita sangat mudah menuangkan seluruh isi kotak mainan lalu setelah bosan maka ditinggalkan begitu saja. Mengajarkan anak membereskan mainannya sendiri adalah ide baik untuk membuat anak lebih bertanggung jawab dan merawat apa yang mereka miliki.

4. Membuang sampah di tempatnya
Bangun kepedulian anak terhadap lingkungan semenjak dini. Salah satunya dengan menerapkan disiplin membuang sampah pada tempatnya. Jangan lupa juga sampaikan pada anak bahaya membuang sampah sembarangan, misalnya menyebabkan banjir, sumber penyakit, dan sebagainya.

5. Memberi makan hewan peliharaan
Jika Anda memiliki hewan peliharaan dirumah seperti ikan, anjing, atau kucing. Ajarkanlah anak untuk memberi makan hewan peliharaan tersebut. Dengan demikian Anda telah mengajarkan anak bagaimana menyayangi makhluk hidup lainnya di dunia.  

6. Memilih buku dongeng sendiri
Anda dapat mempraktekan hal ini sebelum membacakan dongeng untuk anak Anda. Cara ini mengajarkan betapa pentingnya kebebasan memilih yang bertanggung jawab dan beropini pada anak.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com