Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Terlihat Cerdas? Bersikaplah Penuh Percaya Diri

Kompas.com - 29/08/2014, 14:15 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber TIME.com

KOMPAS.com – Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa mahasiswa yang memiliki kepercayaan diri tinggi, cenderung dianggap lebih pintar oleh lingkungan sekitarnya, tanpa memedulikan nilai akademis yang sesungguhnya.

Para peneliti dari Newcastle University dan Unviveristy of Exeter menemukan bahwa mahasiswa yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi dapat “memanipulasi” penilaian orang lain hingga membuatnya terlihat sebagai sosok yang cerdas dan berbakat.

Lewat proses penelitian, ditemukan bahwa mahasiswa yang hobi pamer dengan mengatakan nilai mereka baik tapi kenyataannya rendah, bisa membuat orang-orang melihatnya seperti benar-benar berbakat. Sebaliknya, mahasiswa yang cenderung rendah hati, dan tidak mau banyak pamer, malah seringkali dinilai kurang cerdas dan tidak menonjol.

"Hasil penelitian kami mendukung ide bahwa menipu diri sendiri, sebenarnya bisa menipu orang lain," ujar Shakti LAmba dan Viviek Nityananda, kedua peneliti ini mempublikasikan hasil studi pada PLOS ONE.

"Orang dengan kepercayaan diri berlebih dinilai lebih baik oleh masyarakat. Sedangkan orang yang kurang percaya diri, dinilai kurang baik oleh masyarakat," terang LAmba dan Nityananda.

Penelitian ini menggabungkan ilmu psikologi dan antropologi. Maka dari itu, terciptalah kesimpulan bahwa sifat percaya diri ternyata mampu membiaskan pendapat orang, tidak terpaku pada satu jender tertentu saja. Sebab, pria dan wanita yang memiliki rasa percaya diri ekstra, maka dipastikan bisa membuat orang lain beranggapan bahwa mereka memang benar-benar memiliki intelegensia yang mumpuni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com