Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jengkel Fotonya Diedit Berlebihan, Supermodel Australia Protes!

Kompas.com - 31/08/2014, 19:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com – Mengedit atau menyunting foto lewat aplikasi Photoshop sudah menjadi sesuatu yang lumrah di ranah mode. Bisa dibilang sejumlah besar foto yang beredar di halaman-halaman majalah mode dan kampanye komersil, tak luput dari proses penyuntingan. Tujuannya, tentu saja, agar keseluruhan konsep visual yang disasar terkemas sempurna.

Namun, pandangan publik mengenai metode edit foto ini tak selunak di masa yang lalu. Pasalnya, banyak foto yang menonjolkan penampilan fisik terlalu rupawan dan sempurna, sehingga mengakibatkan banyak orang, terutama wanita, lantas “terhanyut” pada standar kecantikan nan mustahil. Akhirnya, tak sedikit kecaman dan protes pun dilayangkan masyarakat terhadap hasil foto yang dinilai menyesatkan tersebut.

Di tengah sejumlah kecaman dan kritik terhadap dunia mode mengenai edit foto berlebihan ini, pihak yang paling atau nyaris tak pernah mengeluh adalah sang model. Namun, hal yang demikian tampaknya tak akan bertahan lama. Sebab, baru-baru ini, salah seorang model asal Australia, Meaghan Kausman, protes karena kecewa mendapati fotonya “direvisi” sampai tak lagi menyerupai dirinya yang sesungguhnya.

Kausman secara blak-blakan mengungkapkan rasa jengkelnya lewat akun Instagram resmi, @MeaghanKausman. Di situ, Kausman menunggah dua foto before and after dirinya saat pemotretan untuk merek baju renang, Fella Swim.  Foto yang terletak di atas merupakan hasil editan yang menurutnya menipu khalayak. Lalu, foto di bawahnya adalah foto asli yang memperlihatkan bentuk tubuh Kausman dalam ukuran nyata.

"Aku baru saja melakukan sesi foto mengenakan Fella Swim. Pagi ini, aku sangat terkejut melihat Fella Swim merilis foto lain dalam versi Photoshop oleh Pip's original photo ke halaman instagram mereka. Mereka secara drastis mengubah tubuhku. Mengecilkan perut dan pahaku, berupaya mengikatku ke dalam kotak kultural kecantikan ideal versi mereka. Di atas adalah versi mereka, di bawah adalah versi yang asli,” tulis Kausman.

Langkah yang dilakukan oleh Kausman terbilang sangat bernyali. Sebab, kebanyakan model memilih diam mengenai hasil editan foto berlebihan ini. Namun, Kausman ingin membuktikan bahwa dirinya berbeda dan tidak bisa begitu saja menerima persoalan ini.

Lebih lanjut, Kausman mengajak seluruh wanita di dunia untuk menjadi aktivis citra diri dan selalu percaya diri dengan bentuk tubuh mereka, sekali pun tidak semenawan para model di atas catwalk.

Kausman menuliskan, "Tubuhku berukuran 8, bukan 4. Itulah tubuhku! Aku menolak dan tidak mengijinkan perusahaan atau orang manapun membentuk kepercayaan bahwa "lebih kurus lebih baik". Semua wanita cantik dan kami memiliki bentuk serta ukuran yang berbeda! Industri ini benar-benar gila!!! Sangat TIDAK BAIK untuk mengubah tubuh perempuan, agar ia terlihat lebih kurus. SUNGGUH!”

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com