Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/08/2014, 22:52 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

KOMPAS.com - Memilih kondom memang gampang-gampang susah. Sebab, tubuh manusia tidak seperti mesin yang memiliki spesifikasi sama. Namun begitu, jangan khawatir, berikut ini kami hadirkan empat tips memilih dan memakai kondom.

1. Pilih merek terpercaya
Kondom terbaik adalah yang berbahan Microsheer yang tipis dan lebih kuat dari latex. Harganya memang "mahal", tetapi sesuai dengan harga. Bahan ini, bersama Tactylon, tidak menyebabkan alergi di kulit. Pria harus mencoba berbagai merek untuk tahu mana yang "sesuai" dengan ukurannya.

2. Selalu siap
Ketika hendak berhubungan, kondom selalu ada jangkauan. Jangan sampai kerepotan mencari kondom. Jangan simpan kondom di dompet karena dompet terlalu padat sehingga mampu merusak kondom. Tips memilih dan memakai kondom yang ini harus dilaksanakan. Jangan sampai gairah hilang karena kondom sulit ditemukan. Jangan lupa cek tanggal kedaluwarsa di bungkus kondom.

3. Langsung pakai
Jangan terlalu lama dari membuka bungkus kondom lalu memakainya. Kalau kesulitan, minta istri untuk memasangkan. Berlututlah ketika memakai kondom dan condongkan badan ke depan. Ini lebih mudah untuk memasang kondom.

4. Selalu waspada
Satu dari 50 kondom akan pecah, bahkan dalam beberapa kasus, kondom sering lepas dari penis. Jika terasa tidak nyaman, berhenti berhubungan dan ganti dengan kondom baru. Pria harus memiliki stok kondom yang banyak untuk menghindari hal ini.

Empat tips memilih dan memakai kondom ini penting dalam perencanaan keluarga dan pencegahan dari terkena penyakit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com