Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/09/2014, 20:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS. com – Anjuran untuk menyimpan parfum dalam kulkas telah begitu menyebar dan sering dipraktekkan banyak orang. Namun, benarkah cara ini memang kiat terbaik untuk menjaga kualitas aroma parfum?

Menjawab hal yang demikian, Jessica Chor, Parfumer Trainer of CPL Aromas (Far East) Limited menyatakan bahwa semakin panas suhu udara, memang bisa membuat parfum lebih cepat menguap hingga mengubah atau memecah partikel yang akan merusak kualitas aroma parfum.

Dalam dunia laboratori parfumer, menurut Chor, para peneliti memang menggunakan lemari es berukuran raksasa untuk menyimpan bahan-bahan sensitif. Namun, cara ini tak terlalu direkomendasikan, mengingat faktor kepraktisan dan kekhawatiran botol bocor lalu meracuni bahan makanan lain dalam kulkas.

"Tidak mungkin Anda menaruh lemari es di dalam kamar, atau kamar mandi Anda bukan?" ujar Chor,

Kiat lain yang lebih disarankan untuk menjaga kualitas aroma parfum adalah menyimpannya di tempat yang tidak kontak langsung dengan sinar matahari.

"Jadi menaruh parfum di kulkas, sebenarnya tidak begitu penting. Cara ini hanya dilakukan oleh produsen dan peneliti parfum dalam jumlah besar,” tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com