Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/09/2014, 16:30 WIB
Syafrina Syaaf

Penulis

Sumber

KOMPAS.com - Apakah memelihara kucing saat hamil dapat membahayakan janin? Jawabannya, mungkin. Namun, tenang saja, risiko itu bisa diperkecil, bahkan ditiadakan, dengan membuat beberapa perubahan rutinitas antara ibu hamil dan hewan kesayangan agar tak mengganggu kehamilan.

 Hindari diri dari risiko Toksoplasma
Jika dulu sebelum hamil mengganti pasir toilet si manis adalah tugas Anda, sekarang tidak boleh lagi. Sebab, kotoran kucing dapat membawa parasit  toxoplasma gondii yang menyebabkan toxoplasmosis (toksoplasma), jenis infeksi yang dapat menyebar ke manusia. Parasit Toxoplasma gondii dapat menembus plasenta dan membahayakan janin. Kista toksoplasma biasanya menetap di otak janin, menyebabkan berbagai gangguan saraf, misalnya gangguan saraf mata yang memicu kebutaan. Selain itu, janin juga berisiko lahir dengan ukuran kepala besar dan berisi cairan, yang kita kenal dengan istilah hidrosefalus.

Berbagi tugas dengan suami
Selama Anda hamil, biarkan pasangan Anda yang mengurus kotoran si manis untuk sementara waktu. Cucilah tangan setiap habis membelai kucing, sebab kista toksoplasma bisa menempel di bulunya.

Jenis kista ini hidup dalam otot berbagai hewan lainnya. Penularan bisa terjadi apabila Anda memakan daging yang diolah mentah atau dimasak setengah matang yang kebetulan mengandung kista toksoplasma.

Untuk itu, pastikan makanan Anda matang dengan sempurna. Toksoplasma juga bisa hidup di tanah dalam jangka waktu cukup panjang. Jadi, gunakan sarung tangan setiap kali berkebun, dan cuci tangan sehabis memegang makanan-makanan mentah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com