Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Perempuan dan Payudara dalam Satu Buku Inspiratif

Kompas.com - 11/09/2014, 21:40 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com -
Dalam buku terbarunya yang berjudul “Bare Reality”, Laura Dodsworth tampilkan 100 foto payudara asli dari sejumlah perempuan tanpa ditutupi sehelai busana pun.

Menurut Dodsworth seperti dikutip Female First, keputusannya untuk mengumpulkan foto-foto payudara tersebut dalam satu judul adalah ingin “mengatur” ulang persepsi tak senonoh banyak orang terhadap payudara, akibat eksploitasi menyimpang di sejumlah media dan jagat hiburan.

“Di beberapa kebudayaan, payudara seperti sesuatu yang tabu dan harus ditutupi dan disembunyikan dalam pakaian. Namun, pada sejumlah kebudayaan lain justru dipandang sebagai sesuatu yang sama sekali tak berbau seksual, bahkan bertelanjang dada adalah hal yang normal,” terangnya.

Dodsworth kemudian melanjutkan, "Aku melihat persepsi orang terhadap payudara terbagi dua, sebagai aset pribadi perempuan, dan penggambaran perempuan di media. Di mana untuk wanita, payudara adalah sesuatu yang dianggap sangat pribadi, tetapi banyak pihak yang melihat payudara sebagai konsumsi publik,”.

Saat proses kreatif pembuatan buku ini, Dodsworth mewawancarai 100 perempuan mengenai payudara mereka, sembari menanyakan pendapat masing-masing mengenai citra negatif yang dibentuk oleh publik.

Secara keseluruhan buku ini lebih banyak mengisahkan kisah-kisah inspiratf, beberapa di antaranya seorang model yang harus kehilangan payudara karena kanker payudara dan serangkaian cerita lain yang positif.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com