Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/09/2014, 09:26 WIB

KOMPAS.com — Bagaimana cara agar anak cepat berjalan? Tentu ada caranya. Hanya, setiap anak memiliki perkembangan berbeda-beda.

Secara umum, anak usia 1 tahun seharusnya sudah mampu berjalan beberapa langkah tanpa bantuan. Pada usia 12-18 bulan, kemampuan yang harus dikuasainya adalah berdiri tanpa bantuan, berjalan dengan merambat ke perabotan di rumah, berjalan 2 atau 3 langkah tanpa bantuan, berjalan 10-20 menit tanpa bantuan.

7 cara agar anak cepat berjalan: 

1. Agar anak cepat berjalan, izinkan anak untuk bereksplorasi ke segala penjuru rumah. Saat anak mulai merangkak dan merambat, kurangi penggunaan kata "jangan" agar tak menghalangi geraknya.

2. Usahakan melepas anak dari gendongan sesering mungkin sehingga otot kakinya lebih lincah bergerak. Dengan begitu, harapan anak cepat berjalan dapat terwujud.

3. Ajak anak bermain untuk menstimulasi motoriknya, yakni bermain mengambil bola yang dilempar, mendengarkan lagu sambil melompat-lompat, dan sebagainya. Kemampuan motorik yang baik akan membantu anak cepat berjalan.

4. Ajak anak berjalan-jalan sore atau pagi. Bila kemampuan berjalan masih sangat kurang, orangtua bisa melakukannya sambil menatih anak, terus lakukan sampai anak bisa berjalan dengan baik.

5. Sediakan sarana agar anak cepat berjalan, misalnya tongkat berputar yang bertumpu pada satu poros. Dengan berpegangan pada bilah yang melintang, anak secara tak langsung berlatih berjalan saat mendorong bambu tersebut. Bisa juga dengan menyediakan gagang pegangan untuk berjalan seperti yang ada di pusat-pusat terapi. Intinya, ada satu benda kokoh yang digunakan untuk berpegangan saat keseimbangannya masih labil.

6. Singkirkan benda pecah belah atau pajangan kaca dari atas meja atau yang berada dalam jangkauan anak. Tujuannya agar proses belajar berjalan berlangsung aman.

7.  Jangan memasang taplak yang menjuntai ke lantai karena bisa membuatnya tersandung, apalagi ketika ia belum mantap untuk berjalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com