Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Sang Buah Hati Hadir, Jangan Lupa Persiapkan 6 Hal Ini

Kompas.com - 16/09/2014, 17:48 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Boldsky


KOMPAS.com - Belanja berbagai perlengkapan bayi menjadi salah satu kesenangan saat hamil. Namun, bisa juga menjadi merepotkan jika tak dipersiapkan dengan baik.

Satu hal yang mesti digarisbawahi oleh para ibu hamil adalah pastikan kebutuhan dasar si bayi sudah terpenuhi, sebelum Anda melakukan persalinan di rumah sakit. Tujuannya untuk  memudahkan Anda ketika menjalani masa nifas. Berikut 6 tips penting dalam mempersiapkan kebutuhan buah cinta Anda dan suami.

1. Kebutuhan dasar
Kebutuhan dasar bayi seperti popok, pakaian bayi, serta susu formula adalah hal penting yang tak boleh terlupakan dalam berbelanja. Jangan membeli barang-barang tersebut dengan jumlah terbatas, karena bisa membuat Anda kewalahan dalam mengurus bayi di masa nifas.

2. Peralatan bayi
Semua kebutuhan bayi itu penting, tetapi beberapa barang seperi tempat duduk bayi, tas bayi, dan sejumlah mainan sebenarnya bisa menunggu. Dahulukan kebutuhan pokok dibandingkan kebutuhan primer lainnya.

3. Banyak bertanya
Jika Anda seorang ibu baru, maka jangan ragu untuk bertanya pada wanita lain yang sudah berpengalaman mengurus dan merawat bayi. Sebab, tak ada “sekolah” terbaik, selain banyak bertanya pada mereka yang pernah memiliki pengalaman serupa.

4.Jangan berlebihan
Untuk menghindari pemborosan akibat belanja impulsif, pastikan untuk mencatat prioritas kebutuhan bayi Anda terlebih dulu. Sebab, tak sedikit ayah dan ibu baru berbelanja di luar batas kemampuan, karena merasa terlalu antusias menghadapi kedatangan sang buah hati.

5. Lakukan riset
Anda dapat bertanya pada teman-teman yang baru melahirkan atau mencari di internet, mengenai barang dan merek  terbaik untuk bayi Anda

6. Jangan lupakan alat pompa ASI
Jangan lupa membeli pompa ASI dan botol penyimpanannya, agar Anda dapat memberi asupan ASI yang maksimal saat sudah kembali bekerja dan beraktivitas.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Boldsky
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com