Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menurut Studi, Orang Berwajah Lebar Suka Menipu dan Sadis

Kompas.com - 18/09/2014, 11:00 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

Sumber Daily Star

KOMPAS.com – Studi ini menguraikan penjelasan lain mengenai serangkaian tindakan sadis yang dilakukan oleh pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un (31), dan sejumlah skandal Richard Nixon selama menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat.

Ternyata, menurut Cheryl McCormick, ilmuwan asal Kanada sekaligus penggagas studi, mengatakan bahwa orang yang memiliki wajah lebar seperti Kim dan Nixon cenderung banyak berbohong dibandingkan mereka yang berwajah tirus atau panjang.

“Hasil temuan ini diharapkan bermanfaat untuk orang banyak. Tujuannya untuk menjaga diri sendiri. Ini bermanfaat bagi mereka yang memiliki banyak relasi dan membutuhkan waktu singkat untuk menilai karakter seseorang,” terang McCormick.

Penemuan ini disimpulkan oleh McCormick setelah menganalisa 150 responden pria yang diminta untuk melakukan permainan lempar dadu secara virtual. Mereka dengan skor tertinggi diiming-imingi sebuah hadiah.

Satu dari lima pria yang berbohong soal skor demi mendapatakan hadiah, rata-rata memiliki wajah yang lebar. Pada penelitian lainnya juga terkuak fakta bahwa mereka dengan jenis wajah yang demikian memiliki rasa empati yang minim, cenderung fanatik, dan otoriter.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Star
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com