Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awet Muda Bukan karena Produk Mahal, Melainkan....

Kompas.com - 01/10/2014, 16:13 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Glamour

KOMPAS.com – Tanda-tanda pertama penuaan pada kulit tak melulu hadir dengan pertanda yang jelas. Jika dulu Anda berjibaku dengan jerawat, maka seiring usia muncullah garis-garis halus pada wajah. Hal tersebut dikarenakan kulit juga hidup, berkembang, dan menua, seperti Anda.

Maka dari itu, sebelum akhirnya harus berhadapan dengan masalah kulit akibat penuaan, ada baiknya Anda melakukan perawatan untuk pencegahan sedini mungkin.

Melihat begitu banyaknya produk antipenuaan yang tersebar di pasaran, tak pelak hal ini menimbulkan kebingungan tersendiri bagi sejumlah wanita. Maka, pertanyaan selanjutnya adalah apa produk yang cocok dan tak cocok untuk kulit Anda.

"Anda tentu ingin melakukan perawatan terbaik untuk kulit Anda, tapi jangan terlalu berlebihan. Jika anda mengaplikasikan terlalu banyak produk di usia muda, kulit akan mudah iritasi dan kering. Ini akan mempercepat penuaan," kata seorang dermatologis, dr Ranella Hirsch.

Langkah pertama, kenali masalah kulit Anda. Lalu, pilihlah produk yang tepat. Jika terdapat bercak kecoklatan pada kulit, coba lengkapi dengan mengaplikasikan serum antioksidan dan hindari menggunakan krim bleaching.

Perlu Anda ketahui bahwa bercak coklat disebabkan oleh paparan sinar matahari. Maka dari itu, rutinlah mengaplikasikan sunblock setiap hari sebagai tabir surya.

Biasanya bercak coklat lebih dulu muncul di pipi dan hidung. Saran dr. Hirsch, gunakan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih, setiap hari, dan damping dengan  mengaplikasikan antioksidan. Studi terbaru menunjukkan, antioksidan seperti vitamin C dan ekstrak licorice dapat menetralkan efek paparan sinar matahari.

Jika pori-pori kulit Anda cenderung besar, gunakanlah perawatan yang mengandung asam salisilat dan hindari toner (penyegar). Wajah yang rutin dibersihkan secara menyeluruh dengan teratur, bisa mengecilkan pori-pori. "Pori-pori akan membesar ketika wajah kotor atau tersumbat," kata dermatologis, dr Fredric Brandt.

Untuk itu, gunakan alat pembersih pori-pori seminggu sekali dan dilanjuti dengan menggunakan produk perawatan yang mengandung asam salisilat. Dr. Brandt menyarankan, Anda melakukannya pada pagi hari tanpa toner.

Jika kulit Anda kering, gunakan moisturizer (pelembab) berbahan asam hylauronic dan jangan gunakan scrub yang terlalu kasar. Dermatologis dr. Robert Anolik mengatakan, kebanyakan masalah kulit kering disebabkan stres dan iritasi akibat reaksi produk yang salah.

"Kulit yang kering disebabkan oleh ketidakmampuan kulit untuk mempertahankan kelembaban," jelasnya.

Rawat kulit Anda yang kering dengan menggunakan serum dan moisturizer mengandung asam hylauronic. Asam ini akan menarik air ke permukaan kulit, sehingga kelembaban kulit tetap terjaga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Glamour
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com