Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Ritual Tidur Presiden Obama dan Perancang Busana Vera Wang

Kompas.com - 06/10/2014, 22:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

 

KOMPAS.com - Ada yang mengatakan, ritual sebelum tidur memberikan andil yang besar terhadap kesuksesan seseorang. Teori ini berdasarkan pemikiran bahwa hal terakhir yang Anda lakukan sebelum tidur, mempengaruhi suasana hati dan muatan enerji pada pagi hari. Selain itu, faktor yang mempengaruhi lainnya adalah  kualitas dan durasi tidur.

Beberapa orang-orang paling sukses di dunia memiliki ritual sebelum tidur yang menarik. Pendiri Microsoft, Bill Gates, kabarnya selalu menyisihkan waktu satu jam sebelum tidur untuk membaca buku. Selarut apapun waktu tidurnya, ritual ini selalu diterapkan oleh Gates.

Saat wawancara dengan The Seattle Times, Gates mengaku membaca buku selama satu jam hampir setiap malam. Dirinya mengungkapkan, sangat menikmati buku-buku yang informatif dengan gaya penulisan yang mengalir.

Topik buku pilihannya pun sangat variatif,  mulai dari kesehatan, perubahan iklim, bisnis, hingga politik. "Saya adalah seorang pembaca yang cepat, meskipun saya tidak pernah menggunakan teknik membaca cepat," ujarnya.

Lain lagi dengan kebiasaan sebelum tidur yang dilakukan oleh Presiden AS Barack Obama. Kabarnya, Obama gemar  bekerja hingga larut malam, sehingga baru tertidur lewat tengah malam. Tak jarang dirinya mengatur konferensi lewat telepon pada jam 11 malam. Kegiatan lain yang sering dilakukan Obama sebelum tidur adalah menulis dan membaca.

Dalam sebuah wawancara dengan Newsweek, Obama menyebut dirinya sebagai "burung hantu" dan menjelaskan rutinitas malamnya. "Makan malam dengan keluarga, berkumpul dengan anak-anak dan mengantar mereka tidur pada pukul 20.30. Kemudian, saya akan membaca surat instruksi atau menulis hingga pukul 23.30. Setelah itu, biasanya saya akan membaca buku selama setengah jam sebelum tidur pada tengah malam, pukul 00.30, kadang lebih larut," urainya

Chief Operating Officer (COO) Facebook Sheryl Sandberg memang berkarier di perusahaan teknologi. Namun, saat akan tidur, dirinya mengaku selalu mematikan gadget dan ponsel pintarnya

Dalam wawancara dengan USA Today, Sandberg menyatakan mematikan ponsel memang menyakitkan. Namun, tujuannya mematikan ponsel adalah  agar tidak sewaktu-waktu terbangun di malam hari.  

"Saya mengecek e-mail pertama kali di pagi hari dan terakhir kali di malam hari," ujar Sandberg.

Lain lagi halnya dengan perancang busana Vera Wang. Sebelum terlelap, Wang memanfaatkan waktu dengan memeriksa dan mengamati jenis garmen yang dikirimkan oleh stafnya. Wang mengungkapkan, kamar tidur adalah tempat berlindung baginya. 

"Kamar saya seperti tempat perlindungan. Di sanalah saya banyak merancang busana, paling tidak secara konseptual," katanya. 

Nah, itulah beberapa kebiasaan unik yang dilakukan orang-orang sukses sebelum mereka tidur di malam hari. Apakah Anda juga memiliki kebiasaan alias ritual yang sama sebelum tidur?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com