Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/10/2014, 14:46 WIB


KOMPAS.com - Di sela waktu luang, tak mustahil bagi karyawan menjalankan pekerjaan sampingan. Selain menambah pemasukan dan aktualisasi diri, menilik periuk kedua juga bisa memfasilitasi minat dan skill  yang dimiliki, seperti menulis, memasak, fotografi, atau desain.

Namun perlu digarisbawahi, memanfaatkan peluang pekerjaan sampingan pun harus dengan batasan. Sebab, namanya pekerjaan sampingan, tentu tidak boleh mengganggu pekerjaan utama. Anda harus pandai membagi waktu agar bisa menyeimbangi keduanya. Bagi yang ingin menjajal peruntungan side job , berikut beberapa peluang pekerjaan  untuk Anda yang mudah bergaul:

Admin Web & Media Sosial
Kini banyak brand yang membutuhkan admin untuk mengelola website dan media sosial mereka, seperti Facebook dan Twitter.

Multi Level Marketing (MLM)
Bisnis MLM cocok untuk Anda yang suka bergaul, karena Anda dituntut untuk terus membina hubungan dengan partner bisnis. Pekerjaan sampingan ini tak terikat waktu dan memiliki pilihan produk beraneka ragam. Pilih sesuai minat dan peluang kebutuhan di lingkungan sekitar Anda.

Tour Guide
Hobi jalan-jalan tak selamanya hanya membuang rupiah. Jika Anda berpengalaman traveling , pandai berkomunikasi, supel, dan menguasai beberapa bahasa, peluang karier ini cocok untuk Anda.

Fotografer/Videografer
Bermodal kemampuan memotret, merekam, dan mengedit foto atau video, beragam peluang bisa Anda raih, misalnya menjadi tim dokumentasi, fotografer perkawinan, atau freelancer .

Event Planner
Pekerjaan ini membutuhkan orang yang teratur, bertanggungjawab, dan mudah bergaul karena harus menghadapi orang-orang lain yang terlibat dalam perencanaan kegiatan. Pekerjaannya mungkin penuh tekanan, namun orang yang mudah bergaul akan mengubah suasananya menjadi dinamis.

Liaison Officer
Tugas Liaison Officer (LO) adalah sebagai penghubung antara penyelenggara acara dan pengisi acara. Misalnya dalam menggelar pertunjukan musik, atau dalam pertandingan olahraga. Untuk itu petugas LO harus selalu mendampingi pengisi acara dan berusaha semaksimal mungkin memenuhi kebutuhannya. (Ratih Sukma Pertiwi)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com