Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayah yang Ringan Tangan Miliki Anak Perempuan Pintar dan Sukses

Kompas.com - 14/10/2014, 14:28 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan,
Syafrina Syaaf

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kesuksesan dan cara berpikir anak memang tergantung pada pola asuh serta pendidikan yang diberi oleh orangtua. Namun, sebuah penelitian mengatakan perilaku positif ayah juga berpengaruh pada tingkat kecerdasan anak perempuan. Berikut Uraiannya.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Psychological Science melaporkan, para ayah yang membantu mengerjakan pekerjaan rumah kemungkinan besar akan menghasilkan anak perempuan yang mau bekerja keras dan berambisi dalam pendidikan.

Umumnya, pekerjaan rumahtangga selalu dikaitkan dengan tugas wanita. Namun, seiring waktu, anggapan itu sudah sedikit memudar di masyarakat, tetapi demikian, jumlah wanita yang menghabiskan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan domestik seorang diri masih tinggi.  Padahal, ayah yang ringan tangan memiliki dampak positif pada tumbuh kembang anak perempuan.

Kondisi di mana ayah dan ibu saling bekerjasama di rumah membangun pikiran bahwa anak perempuan memiliki ruang dan waktu untuk mengejar cita-cita mereka, sebab kelak ada suami yang turut meringangkan tugas domestik.

"Meskipun kami telah melakukan upaya terbaik guna menciptakan kesetaraan di tempat kerja. Wanita masih sangat kurang terwakili dalam posisi kepemimpinan dan manajerial," kata Alyssa Croft, kandidat doktor di University of British Columbia kepada Asosiasi Ilmu Psikologi seperti dikutip Good Housekeeping.

Menurut Croft, studi ini sangat penting, sebab hasil studi menyarankan pentingnya membangun kesetaraan jender mulai dari lingkungan rumah.  Sebab, hal yang demikian dapat menjadi salah satu cara untuk menginspirasi para perempuan muda dalam menata rencana dan pandangan terhadap karir mereka di masa mendatang.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kind of Life (@my.kindoflife)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com