Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Jelang Sore, Yuk Istirahat Otak untuk Sejenak Waktu

Kompas.com - 14/10/2014, 14:59 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com – Bekerja setiap hari mengejar tenggat waktu merupakan rutinitas yang melelahkan. Namun, sebagian besar dari kita kurang memahami bahwa hal yang demikian tak hanya membuat tubuh letih tapi juga menyebabkan otak penat berkepanjangan.

Salah satu aktivitas yang dipercaya dapat membuat otak rehat sejenak adalah tidur. Namun, jangan langsung percaya dulu, karena ada sejumlah sederhana untuk membuat otak kita beristirahat sejenak waktu.

1. Menatap ke jendela
Biarkan pikiran Anda kosong sejenak. Tataplah keluar jendela kantor, akan lebih baik jika pemandangan di luar didominasi dengan barisan pohon hijau. Cara ini efektif bagi Anda yang terbiasa bekerja di depan menggunakan komputer dan laptop sepanjang hari.

2. Cobalah menelpon, jangan meingirim pesan
Daripada menghubungi orang dengan mengirim pesan singkat, ada baiknya Anda menelpon atau mengunjungi mereka. Selain menciptakan waktu berkualitas bersama orang tersebut, cara ini ampuh untuk mengistirahatkan otak dengan cara bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.  

3. Bebas dari gadget
Zaman sekarang, sudah tidak heran rasanya melihat orang yang ketergantungan dengan gadget. Jadi, jika ingin melakukan rileksasi pada otak, cobalah untuk “jaga jarak” dengan koleksi gadget Anda, lalu alihkan fokus pada buku bacaan atau melakukan olahraga ringan di kantor.

4. Cuti main media sosial
Media sosial jika tak digunakan secara bijak dapat membuat seseorang jadi kecanduan dan tanpa kita sadari  pekerjaan tertunda karena asyik berinteraksi dengan teman-teman di media sosial. Cobalah sehari tidak menyentuh media sosial dan rasakan perbedaan saat bekerja. Pekerjaan jadi lebih cepat selesai  dan Anda tak perlu lembur.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com