Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/10/2014, 09:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

 

KOMPAS.com -- Lupakan perawatan mahal untuk mendapatkan barisan gigi putih tanpa noda. Sebab, lima saran dari dokter gigi asal Inggris bernama Uchenna Okoye ini bisa menjadi solusi terbaik untuk mendapatkan senyum sehat sekaligus cantik.


1. Makanan dan minuman yang harus dihindari
Sama halnya seperti pakaian yang mudah berubah warna karena terlalu sering terkena noda, gigi pun juga demikian. Dokter Okoye menyarankan, untuk menghindari makanan yang dapat menyebabkan noda pada gigi seperi kopi, anggur merah, dan beberapa makanan tertentu lainnya. Jika Anda tak bisa lepas dari makanan atau minuman tersebut, jangan lupa berkumur dengan air putih usai menyantapnya.

Selain itu, soda dan jus buah ternyata bisa meninggalkan noda di gigi karena mengandungan asam yang tinggi. Maka dari itu, saat menikmati dua jenis minuman tersebut, gunakanlah sedotan  untuk meminimalisir potensi gigi bernoda.

2. Benang gigi
Menggunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi,  ternyata bukan hanya baik bagi kesehatan gusi, tetapi juga efektif mencegah dan mengurangi noda gelap.

3.Gunakan pasta gigi pemutih.

Pasta gigi dengan pemutih dibuat dengan formula yang mirip digunakan oleh perawatan profesional penghilang noda di gigi secara periodik. Namun, jika Anda perokok, jangan mengenakan jenis pasta gigi ini, karena dapat membuat gigi rapuh.

4. Berhenti merokok
Bukan hanya berbahaya bagi tubuh, rokok juga dapat mengubah warna gigi. Tembakau, tar, dan zat kimia lainnya dalam rokok akan menempel pada enamel gigi, lalu menjadikan gigi bewarna abu-abu kekuningan. Selain itu, rokok juga berefek buruk mengakibatkan aroma nafas jadi tak sedap.

5. Gunakan sikat gigi elektrik
Harga sikat gigi elektrik memang lebih mahal ketimbang sikat gigi biasa. Namun, sikat gigi elektrik lebih efektif dalam membersihkan noda pada gigi dan mencegah terbentuknya karan yang menyebabkan gigi berwarna kuning.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com