Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Agen FBI Menguak Pikiran Orang-orang Narsis

Kompas.com - 17/10/2014, 14:21 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Orang-orang yang memiliki sifat narsis dikenal senang membanggakan dirinya sendiri. Lalu, umumnya mereka berpikir dirinya lebih baik dibandingkan orang lain di sekelilingnya.

Mantan agen FBI sekaligus ahli komunikasi nonverbal dan bahasa tubuh, Joe Navarro, menjelaskan bahwa peneliti dapat mengidentifikasi orang narsis hanya dengan mengajukan pertanyaan, "Apakah Anda orang narsis?"

Namun, jika kita mengajukan pertanyaan yang lain, kata dia, inilah jawaban-jawaban yang mungkin akan dilontarkan sang narsis.

Navarro, yang menulis buku berjudul "What Every Body is Saying" memberikan beberapa jawaban dan pertanyaan yang kira-kira akan dikeluarkan oleh orang-orang yang memiliki sifat narsis.

1. "Saya mencintai diri sendiri dan saya tahu Anda juga. Jika mereka tidak (mencintai diri sendiri), itu kesalahan mereka sendiri."

2. "Saya tidak punya alasan untuk minta maaf. Anda harus mengerti dan memahami apapun yang saya lakukan."

3. "Saya menginginkan seseorang yang bisa mengimbangi saya, tapi sampai sekarang saya belum menemukannya."

4. "Saya meghargai aturan dan kewajiban. Namun, itu semua berlaku untuk Anda, karena saya tidak punya waktu atau keinginan untuk mematuhinya."

5. "Saya berharap Anda menghargai saya apa adanya dan apa yang telah saya capai untuk Anda."

6. "Saya ingin kita bisa sejajar, tapi kita tidak dan tidak akan pernah (sejajar). Saya akan secara teratur mengingatkan Anda bahwa saya paling pintar di sini."

7. "Mungkin saya terlihat arogan dan angkuh tapi tidak apa-apa. Saya hanya tidak ingin seperti Anda."

8. "Saya ingin Anda selalu loyal pada saya, apapun yang saya lakukan. Namun, jangan berharap saya melakukan hal yang sama."

9. "Saya akan mengkritik Anda dan saya harap Anda menerimanya. Namun, jika Anda mengkritik saya, apalagi jika di depan umum, saya akan marah. Satu hal, saya tidak akan lupa atau memaafkan Anda."

10. "Saya berharap Anda tertarik dengan hal yang saya lakukan, saya capai, dan pada hal yang saya katakan. Sebaliknya, saya tidak tertarik pada apapun dalam diri Anda dan apa pencapaian Anda. Jadi, jangan harap saya akan tertarik pada Anda."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com