Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/10/2014, 13:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com -- Jika Anda adalah ibu baru atau sudah berpengalaman, tetapi masih memiliki begitu banyak pertanyaan seputar cara merawat anak, apakah yang Anda lakukan?

Di Inggris diketahui sering mencari informasi dan saran soal cara perawatan dan cara mengasuh anak lewat Google. Kata kunci yang populer di kalangan para ibu ini adalah “kesehatan anak”. Topik tersebut tak ayal menjadi yang paling sering dipertanyakan oleh ibu saat sedang “meluncur” di dunia maya.

Fakta tersebut di atas merupakan hasil survei yang dilakukan oleh Cussons Mum & Me Voice of Mums. Rupanya, seusai melahirkan, sebanyak 85 persen ibu merasa minim pengetahuan mengenai kesehatan dan kebersihan bayi. Lebih dari 50 persen mencari situs parenting untuk mendapatkan jawaban terbaik, dan 19 persen mengunggah pertanyaan di forum.

Tak ada ibu di dunia ini yang menginginkan hal buruk terjadi pada anak. Hal ini dibuktikan dengan 75 persen responden mengatakan, memiliki anak adalah "kejutan terbesar" dalam hidup mereka. 

Selain sering bertanya dan mendapatkan informasi lewat Google, penelitian ini juga menemukan bahwa 26 persen ibu juga sering bertanya pada teman mereka di media sosial, seperti Facebook. Kemudian, sekurang-kurangnya 12 persen lainnya memilih Twitter.

Juru bicara dari Cussons Mum & Me Voice of Mums mengatakan, "Menjadi ibu adalah perubahan terbesar dalam hidup seorang wanita. Sangat alami untuk merasa tak yakin dan memiliki banyak pertanyaan. Ketika kali pertama membawa bayi ke rumah, agak sedikit menakutkan mengetahui bahwa Anda bertanggung jawab terhadap manusia mungil ini, tanpa dilengkapi dengan instruksi manual. Apalagi jika berhadapan dengan demam pertama atau sakit. Namun ingatlah, Anda tidak sendiri. Banyak ibu yang telah melalui masa tersebut."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com