Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menimbang Berat Badan Setiap Hari Buat Tubuh Cepat Langsing?

Kompas.com - 20/10/2014, 20:00 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis


KOMPAS.com –
Saat sedang berdiet, tentunya ada keinginan di hati kecil yang berharap agar program ini sukses dan berat badan turun sesuai impian. Obsesi yang demikian, tak heran membuat sejumlah orang begitu rajin dalam menimbang berat badannya setiap hari. Sebab, dahulu ada penelitian yang mengatakan bahwa menimbang berat badan setiap hari bisa bantu turunkan berat badan lebih cepat.

Untuk menguak kebenaran dari teori tersebut, sebuah penelitian pun dihelat dan melibatkan 183 orang obesitas yang dibagi dalam dua kelompok. Pada kelompok pertama diwajibkan untuk menimbang berat badan setiap hari. Lalu, kelompok kedua diminta untuk tidak menimbang berat badan. Hasilnya, progres penurunan berat badan pada kedua kelompok, tidak ada perbedaaan signifikan.

Singkatnya, penemuan ini mematahkan teori yang mengatakan bahwa menimbang setiap hari membuat program diet lebih sukses.

“Timbangan berat badan bisa menjadi jebakan atau alat pendukung,” ujar Susan Albers, Psikolog, sekaligus penulis Cleaveland Clinic. Untuk mereka yang diet dan progresnya lambat, maka timbangan bisa menjadi momok yang dapat membuat patah semangat. Namun, bagi mereka dengan progres diet signifikan, timbangan menjadi pendongkrak semangat.

Albers menyimpulkan bahwa timbangan berat badan bisa menjadi pisau bermata dua bagi mereka yang tengah berdiet. Jadi, sebelum memutuskan untuk menimbang berat badan, pastikan dulu Anda siap melihat hasilnya. Sebab, di mana jarum penunjuk berhenti akan mempengaruhi suasana hati Anda.  

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com