Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondisi Bayi Berdasarkan Tekstur dan Aroma Feses

Kompas.com - 20/10/2014, 21:00 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

Sumber BOLDSKY

KOMPAS.com -- Bayi yang baru lahir atau masih dalam usia mingguan, mereka tidak bisa mengeluh mengenai keadaan tubuh mereka. Menangis adalah cara mereka berkomunikasi. Namun demikian, bukan berarti orangtua tak bisa “membaca” kondisi fisik bayi. Salah satu caranya dengan melihat tekstur dan aroma feses.

Feses bayi baru lahir
Bayi yang baru berusia dua minggu, umumnya mengeluarkan feses yang normal. Selama pada bayi Anda tidak mengeluarkan darah atau apapun pada feses, maka Anda tidak perlu khawatir.

Feses warna hijau
Feses pertama bayi yang baru lahir akan akan berwarna hijau, kemudian beralih menjadi lebih gelap saat usianya mencapai dua minggu.

Feses warna kuning
Setelah dua sampai tiga minggu bayi lahir, fesesnya akan berubah warna, dari hijau menjadi kuning keemasan. Kemudian, feses baru berubah warna kala Anda telah memberikannya makanan padat.

Feses saat proses penguatan usus
Setelah lahir, bayi mengalami transisi diare karena usus besar mereka tengah terbentuk dan menguat. Selama waktu ini, bayi Anda akan selalu BAB setiap usai menyusui.

Tekstur feses
Selama bayi Anda minum ASI, maka tekstur feses lebih lembut.  Lalu, saat mulai mengonsumsi susu formula, baru bentuk feses memadat.

Bayi mengalami diare
Jika bayi Anda feses berbentuk cair atau lengket, ini berarti bayi memiliki masalah pada perutnya. Sebaiknya segera periksa bayi ke dokter untuk tindakan lebih lanjut.

Bayi sembelit
Jika bayi Anda tidak BAB selama beberapa hari, bukan berarti bayi Anda sembelit. Namun, jika feses yang dikeluarkan keras, maka bisa jadi bayi Anda mengalami sembelit.

Feses mengandung gas
Jika bayi Anda mengeluarkan banyak gas saat buang kotoran, maka itu berarti posisi menyusui Anda tidak benar. Bayi menelan banyak udara ketika sedang menyusu ASI.

Feses berwarna hitam
Setelah bayi Anda mulai makan makanan padat, maka bayi Anda akan mengeluarkan feses berwarna hitam. Kadang-kadan,  itu disebabkan  warna serta bahan makanan yang mereka konsumsi.

Feses mengeluarkan aroma menyengat
Biasanya feses bayi memberikan aroma yang tidak begitu bau saat masih menyusui. Saat bayi mengonsumsi susu formula, barulah feses mengeluarkan bau asam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BOLDSKY
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com