Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/10/2014, 07:00 WIB


KOMPAS.com --
Anda termasuk “Si Mental Miskin” atau “Si Mental Kaya”? Menurut Roslina Verauli, M.Psi., Psikolog, dalam acara peluncuran bukunya berjudul Discovering Your Black Box: Menuju Kaya dengan Pendekatan Psikologi , beberapa waktu lalu, “Mental Miskin” biasanya terjadi karena beberapa hal dan latar belakang.

Salah satunya, “Si Mental Miskin” selalu memiliki keinginan tinggi, bahkan mendorongnya untuk memenuhi kebutuhan di tahap yang lebih tinggi.

"Dalam kenyataannya mereka tidak berada di tahap pemenuhan kebutuhan tersebut," ujar Roslina. Sebenarnya, mereka hanya ingin memuaskan hasrat semata. Demikianlah “Mental Miskin”, di dalam black box yang selalu lapar ingin dimanjakan kesombongan gengsi dan gaya hidup papan atas.

Definisi black box di atas adalah segala bentuk rekaman pengalaman yang dihayati secara subyektif selama hidup. “Ketika Anda menemukan black box  kepribadian dan memahami isinya, akan memudahkan Anda memahami asal istilah “Mental Miskin” yang tumbuh di diri. Biasanya, ini menghalangi Anda dari jalan menuju kekayaan,” imbuhnya.

Sementara itu, "Si Mental Kaya" cenderung menganalisa mana yang benar-benar kebutuhan dan mana yang hanya berupa keinginan saja. “Si Mental Kaya ini selalu penuh perhitungan, karena dengan memahami kebutuhan, akan mengerti landasan paling dasar yang butuh dipenuhi. Berbeda dengan keinginan yang umumnya tidak berlandaskan pemenuhan kebutuhan lebih mendasar,” tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com