Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/10/2014, 07:00 WIB
KOMPAS.com -- Ibu menjadi pemimpin pemandu sorak di pertandingan basket sekolah. Ibu tahu Ibu sudah memiliki bayi tapi tidak tahu di mana ia berada. Tiba-tiba Ibu teringat: Ibu meninggalkan bayi Ibu di gim! Pernah memimpikan hal semacam ini menjelang persalinan?

Jika iya, Ibu pasti penasaran apa sih tafsiran mimpi seperti tadi? Mengapa hal itu terjadi? Masih dari buku karya Patricia Garfield, Women's Bodies, Women's Dreams, yuk kita sama-sama cari tahu kemungkinan makna mimpi menjelang hari persalinan.

•    Membayangkan wilayah asing: persalinan dan menjadi ibu
“Saya sedang berada di pesawat yang akan lepas landas menuju sebuah negeri asing di antah berantah. Saya sedang hamil, tapi masih belum sebesar sekarang. Saya mendapatkan firasat buruk, yang membuat saya tidak benar-benar ingin pergi. Saya bukan orang buangan. Banyak orang yang mengawal saya. Saya tahu saya harus pergi, tapi tidak untuk waktu yang lama.” —Mimpi Cheryl lima hari sebelum melahirkan.

Mimpi Cheryl memperlihatkan emosi yang umumnya dialami calon ibu saat harus menghadapi periode akhir kehamilan: keengganan untuk menghadapi hal yang tidak diketahui. Sebagai ibu yang akan memiliki anak pertama, proses melahirkan diumpamakan sebagai  perjalanan menuju negeri asing.

Menghadapi petualangannya sendiri, Cheryl-lah yang menjadi bintang utama, meski enggan, dia tetap harus menjalaninya. Fakta bahwa Cheryl tahu bahwa dalam mimpi dia bukanlah “orang buangan” dan bahwa perjalanan itu “tidak untuk waktu yang lama” memperlihatkan bahwa pada dasarnya dia menyikapi proses kelahiran secara positif dan mengharapkan kembali dengan selamat.  Melahirkan, selain digambarkan sebagai suatu perjalanan atau komitmen yang penting, mungkin juga terlihat sebagai perjalanan melewati terowongan dan koridor atau ledakan air dalam jumlah banyak.

Makna mimpi di menjelang hari persalinan bisa mendorong rasa kepercayaan diri ataupun kekhawatiran kepada calon ibu dalam menghadapi proses kelahiran. Yang penting adalah tahu cara menyikapinya secara positif. Masih ada yang lain dari makna mimpi menjelang hari persalinan di artikel selanjutnya.      

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com