Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Kenyamanan, Kepolisian Ingin Seragam yang Lebih Tipis

Kompas.com - 29/10/2014, 16:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Tekstil atau kain yang berbahan dasar polyester banyak digunakan untuk busana berupa jas atau mantel. Selain itu, tekstil polyester ternyata juga banyak digunakan untuk membuat pakaian seragam berbagai instansi, termasuk militer dan kepolisian.

PT Trisula Textile Industries merupakan salah satu perusahaan tekstil yang memproduksi tekstil untuk pakaian seragam dan  dipercaya untuk memproduksi tekstil untuk TNI Angkatan Laut serta Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

"Kami sejak tiga tahun lalu dipercaya untuk memproduksi kain untuk seragam TNI AL. Untuk kepolisian, kami juga dipercaya tidak hanya memproduksi kain untuk seragam, tapi juga kepangkatannya kami yang produksi," ujar Local Sales Manager PT TTI Lukas Ginting pada acara factory visit ke pabrik PT TTI di Cimahi, Selasa (28/10/2014).

Untuk memproduksi kain yang digunakan sebagai bahan seragam militer dan kepolisian, Lukas mengaku pihaknya selalu mengajukan corak, tapi yang memilih warna serta jenis bahan adalah pihak militer dan kepolisian. Namun demikian, pihaknya selalu menjelaskan kelemahan dan kelebihan masing-masing corak dan jenis kain pilihan klien.

Lalu, adakah karakteristik yang membedakan jenis kain untuk seragam militer dan kepolisian? Lukas menjelaskan, pada dasarnya terdapat kesamaan dalam hal kualitas ketahanan kain. Adapun yang membedakan adalah kerapatan benang.

"Kerapatan, density benang yang membedakan. Untuk seragam kepolisian kerapatan benangnya tidak terlalu padat jika dibandingkan dengan seragam tentara," jelas Lukas.

Namun demikian, Lukas mengaku pihaknya ditantang untuk mengembangkan jenis kain yang lebih nyaman saat dikenakan para anggota. "Polisi meminta kami untuk mengembangkan tekstil yang lebih tipis tapi kokoh di badan," ungkapnya.

Baik untuk militer maupun kepolisian, bahan kain untuk seragam haruslah kuat dan memiliki ketahanan yang prima. Sebab, pakaian tersebut akan dikenakan untuk bertugas dalam ruangan dan luar ruangan. Maka dari itu, bahan kain yang digunakan harus mampu menunjang pekerjaan mereka sebagai prajurit bangsa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com