Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Telat Menstruasi, Ini 5 Sinyal Wanita Sedang Berbadan Dua

Kompas.com - 02/11/2014, 14:00 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com – Tak sedikit wanita yang belum pernah memiliki anak tidak mengetahui sinyal awal kehamilan di minggu pertama. Hal ini akhirnya membuat mereka sedikit telah dalam memperhatikan kesehatan tubuh dan janin.

Untuk menghindari hal yang demikian, berikut lima pertanda awal wanita sedang mengandung:

Payudara membengkak dan nyeri
Menurut Melissa Goist, MD, Clinical Assistant Professor of Obstetrcis and Gynecology di Ohio State Univeristy Medical Centre, payudara membesar atau membengkak lalu terasa nyeri merupakan tanda awal Anda sedang berbadan dua.

“Ini adalah gejala kehamilan paling umum. Sebab, payudara kaya akan jaringan tisu yang sifatnya sangat sensitif. Ketika sel telur berhasil dibuahi maka progesterone dan hCG meningkat dalam tubuh, ini meningkatkan volume darah, sehingga membuat payudara membengkak dan terasa lebih berat dari sebelumnya,”.

Bercak darah
Umumnya, saat vagina mengeluarkan bercak-bercak darah, wanita menganggapnya sebagai gejala awal menstruasi. Namun, Goist mengatakan bahwa hal yang demikian bisa juga tanda-tanda awal Anda tengah mengandung.

“Banyak wanita yang menyangka bahwa bercak darah sebagai sinyal bakal menjalani masa menstruasi. Namun, jika bercak ini terjadi lebih sering dalam periode waktu yang singkat, maka bisa jadi itu pertanda Anda akan hamil,” ujarnya.

Mudah lelah
Jika Anda merasakan tubuh mudah letih dan malas melakukan rutinitas yang selalu Anda lakukan setiap hari, ini juga pertanda bahwa proses pembuahan berhasil dan telah tumbuh janin dalam rahim Anda.

“Kala kandungan masih berusia dua minggu, janin sudah menyerap kalori dalam tubuh sehingga menguras energi Anda.  Inilah penjelasan mengapa tubuh mudah sekali lelah dan Anda seperti selalu kehabisan tenaga,” terang Goist.

Puting menghitam
Apakah payudara Anda tampak berbeda beberapa hari belakangan ini? Sebab, hormon wanita saat hamil mempengaruhi aktivitas melanocyte, sel payudara yang mempengaruhi kadar warna pada puting. “Kulit payudara yang menghitam baru terlihat jelas saat kehamilan telah mencapai usia 10 minggu atau lebih,” imbuh Goist.

Cepat gembira cepat sedih
Jangankan saat mengandung, wanita yang tengah menstruasi pun juga mengalami perubahan mood yang sulit dikendalikan. Nah, hal ini semakin menjadi saat awal-awal kehamilan. “Seiring meningkatnya level hormone hCG membuat Anda sering letih, sehingga tak ayal ini pun mempengaruhi suasana hati Anda,” terang Goist.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com