Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/11/2014, 22:00 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

Sumber match.com

 

KOMPAS.com – Tak sedikit pria yang mendadak panik dan takut saat berhadapan dengan sebuah komitmen jangka panjang. Sikap pria yang demikian, acap kali buat wanita jadi memendam kesal dan akhirnya memilih berpisah. Sebenarnya, apa sih yang membuat pria takut dengan komitmen.

Takut akan perselisihan di masa mendatang
Banyak pria yang memiliki rasa khawatir terhadap tingkat dan kadar kompatibel antar dirinya dan pasangan. “Pria memiliki ketakutan yang irasional. Nah, saat menghadapi hubungan jangka panjang, mereka cenderung menarik diri saat membayangkan soal sifat pasangan yang tidak mereka suka bakal mencetuskan pertengkaran di masa mendatang,” ujar Greg Kuhlman, Ph.D, dan Patty Kuhlman, LCSW, pendiri Marriage Success Training.

“Materi, keluarga, seks, dan prinsip hidup merupakan pertimbangan utama saat menentukan kecocokan antara dirinya dan pasangan,” ujar Kuhlman.

Takut menjadi tua dan membosankan
“Saya telah mempelajari banyak pasangan kekasih, saat mereka sedang melangkah ke komitmen yang lebih serius, mereka takut merasa tua dan membosankan. Selain itu, terisolasi dari lingkungan sosial dan menjadi “unknown” juga membangkitkan rasa takut pada pria,” ujar Scott Gordon, PLC, EPLC, MA, pelatih grup bersertifikasi di Washington DC.

Selanjutnya, menurut Gordon, mereka yang memiliki ketakutan ini biasanya memiliki banyak teman, gaya hidup yang aktif, dan senang berpetualang. “Mereka belum mau merelakan kehidupan yang menurut mereka lebih berwarna,” imbuhnya.

Takut merasa tidak puas secara seksual
Setiap orang mempunyai ukuran kepuasan seksual  yang berbeda. Ketika seorang pria takut berkomitmen, bisa jadi dia sebenarnya tidak puas dengan hubungan yang sedang ia jalani bersama pasangannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber match.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com