Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspadalah, Hasrat Seksual Menurun di Usia 35 hingga 55 Tahun

Kompas.com - 18/11/2014, 08:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Dailymail

 

KOMPAS.com -- Apakah Anda dan pasangan bercinta secara rutin, atau mungkin bercinta hanya menjadi suatu kebutuhan yang membosankan?  Coba pikirkan kembali.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh kolomnis seksThe Times, Suzy Godson, pasangan menikah dengan kisaran usia 36 hingga 55 tahun, sebanyak 44 persen diantaranya mengatakan bahwa mereka bercinta hanya seminggu sekali. Lalu, 32 persen mengaku bercinta cuma sebulan sekali.  Kemudian, 11 persen lainnya bercinta sekali dalam satu tahun.

Info lain yang lebih mengejutkan, 9 persen responden mengatakan tak pernah bercinta lagi, hanya 4 persen yang mengatakan mereka bercinta setiap hari. Salah satu alasan mengapa pasangan suami istri ini tak bercinta sesering dulu adalah karena menurunya hasrat dan minat seksual.

Godson mengatakan, ada hubungan antara bercinta dan kelanggengan rumah tangga. ''Jika pasangan memliki kehidupan seksual yang baik dan berkala, maka itu termasuk dalam 20 persen kepuasan hubungan. Jika pasangan berhenti bercinta, dan ini menjadi suatu hal yang tak menyenangkan lagi, hal tersebut menjadi racun hubungan,'' terangnya.

Selanjutnya, Godson mengaku, tetap ada pasangan yang memang memiliki hasrat seksual rendah dan tak terganggu dengan kehidupan seksual relatif tidak bergairah tersebut. Namun, pasangan yang demikian sangat jarang ditemui karena biasanya bakal berpisah atau bercerai.

Seperti kita ketahui bahwa hubungan seksual memiliki banyak manfaat lebih dari yang kita kira. Tak hanya sebagai cara untuk memenuhi kebutuhan biologis, tapi juga menciptakan kebahagian dan memicu antusias dalam menjalani kehidupan.

''Seks membuat kita merasa diinginkan, menarik, dan dipuji,'' ujarnya.

Ada perasaan emosional yang terhubung lewat hubungan seksual, kepuasan yang didapat juga menungkatkan sistem imun tubuh, dan membuat tubuh menjadi terasa hangat sekaligus nyaman. Seks juga sehat bagi jantung, mengurangi stres, membuat kulit, rambut, dan mata lebih bersinar.

Begitu banyaknya keuntungan yang didapat dari hubungan seksual, menurut Godson, meskipun Anda tidak merasa perlu, pasangan Anda bisa jadi sangat membutuhkan seks.

Terakhir, Godson menyarankan pasangan yang sudah kehilangan minat  bercinta untuk mencoba memikirkan pengalaman hubungan seksual di luar kebiasaan.

''Jika Anda membuat alasan untuk tak bercinta hanya karena Anda berdua merasa tak menginginkannya lagi. Anda harus menyelesaikan masalah ini secepatnya, karena Anda berdua akan bersama selamanya,” tutupnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com