Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebiasaan “Charger” Ponsel Dekat Ranjang Bikin Tambah Gemuk

Kompas.com - 18/11/2014, 19:00 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

Sumber Shine

KOMPAS.com – Jangan terburu-buru mengatakan bahwa menu diet dan olahraga seimbang yang telah Anda jalani tidak memberikan hasil sesuai target. Sebab, siapa tahu berat badan “sungkan” turun disebabkan kebiasaan men-charge ponsel dekat ranjang Anda.

Menurut studi dari Manchester University, berat badan tak kunjung turun, bisa jadi karena pengaruh dari gelombang pendek yang menghasilkan cahaya biru redup yang terjadi kala ponsel dicharge.

Sebab, masih menurut hasil studi, tubuh manusia membutuhkan ruang gelap gulita untuk benar-bener tertidur lelap. Sebab, tidur yang demikian menghasilkan melatonin yang tepat sehingga penyaluran enerjdi dari makanan dan minuman pun bergulir dengan baik.

Namun, pilihan Anda untuk meletakkan ponsel yang tengah dicharge di atas atau dekat kasur mengacaukan sistem pada tubuh.

“Kekurangan tidur bisa memicu rasa lapar dan meningkatkan nafsu makan, inilah kondisi yang menjadikan Anda selalu lapar di malam hari. Alhasil, Anda mengudap dan mengonsumsi makanan lebih banyak sebelum tidur,” terang Eve Van Cauter, Director of The Sleep, Metabolism and Health, University of Chicago.

Tak bisa dimungkiri bahwa kehidupan modern seperti sekarang, komunikasi dan aktivitas harian memang membutuhkan ponsel  tapi bantulah diri sendiri dengan berhenti mengisi daya ponsel di dekat ranjang. Tujuannya agar tidur lebih berkualitas dan tubuh dambaan pun lebih mudah tercapai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Shine
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com