Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mandi Air Hangat Turunkan Kualitas Warna Cat Rambut

Kompas.com - 19/11/2014, 17:09 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com - Anda yang senang mengecat rambut pasti tidak ingin warna rambut Anda luntur yang membuat rambut Anda jadi tak indah. Nah, apa saja yang harus Anda lakukan untuk membuat cat rambut Anda tetap awet dann tidak luntur?

1. Hindari keramas dengan air hangat
Air hangat tidak hanya membuat kulit Anda menjadi kering, tapi juga mengurangi daya tahan cat rambut Anda. Shawnee Heltsey, seorang penata rambut, mengatakan bahwa temperatur air sangatlah penting. Ketika keramas, gunakan air dengan suhu ruang dan ketika mengaplikasikan kondisioner, gunakan air yang lebih dingin. Selain mengurangi kualitas cat rambut, air hangat membuat kutikel rambut mudah terbuka dan rambut mudah rapuh.

"Saya selalu mengatakan pada klien saya untuk keramas dan membilas dengan air suhu ruangan. Keringkan dengan handuk kemudian aplikasikan kondisioner. Lalu, bilas dengan air yang lebih dingin. Ini akan membuat warna rambut lebih awet dan melembabkan rambut," ujar Heltsey.

2. Cermatlah saat berenang
Lindungi rambut Anda dari paparan sinar matahari dan klorin yang terkandung pada air kolam renang. Ketika akan berenang baik di kolam renang maupun di pantai, lindungi “mahkota” Anda dengan mengaplikasikan hair protector yang mengandung SPF untuk menjaga agar warna rambut tidak pudar.

3. Hindari alat-alat penataan rambut yang mengandung panas
Menurut penata pewarnaan rambut selebriti Michael Boychuck, alat penata rambut yang terlalu panas akan membuat warna rambut cepat pudar.

"Alat-alat mengandung panar seperti blow dryer dan pelurus rambut dapat mempercepat proses pudarnya warna rambut. Meskipun alat-alat ini berguna, tapi sebaiknya Anda menjauhkan diri dari alat-alat ini pada minggu-minggu pertama setelah proses pewarnaan rambut," ujar Boychuck.



Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com