Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/11/2014, 14:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com –-  Saat ini, kebaya merupakan busana tradisional dan nasional yang kental akan unsur kebudayaan, serta identitas bangsa yang merefleksikan perempuan Indonesia nan anggun serta bersahaja.

Keberadaan kebaya sebagai busana tradisional dan nasional tidak dapat dipisahkan dari kain tradisional. Sebab, keduanya saling melengkapi dan merupakan padu padan yang serasi satu sama lain. Mengenakan kebaya yang dipadukan dengan kain tradisional akan membuat perempuan Indonesia semakin cantik, penuh pesona, dan menguatkan identitas ke-Indonesia-annya.

"Kebaya dan kain tradisional itu seperti apa ya, seperti nasi dan lauknya. Saling melengkapi dan tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Kebaya akan cantik kalau dikenakan bersama dengan kain tradisional," ujar perancang busana, Didiet Maulana, ketika ditemui di acara peluncuran buku "Kebayaku" oleh Mien R Uno dan PT Gramedia Pustaka Utama di Hotel Dharmawangsa, Rabu (19/11/2014).

Menurut perancang busana yang menghadirkan kembali kejayaan tenun ikat itu, baik kebaya maupun kain tradisional saat ini perkembangannya sangat membahagiakan. Hal ini ditunjukkan dengan semakin banyaknya perempuan yang begitu bangga mengenakan kebaya dan kain tradisional Indonesia. Selain itu, keduanya pun mendapatkan tempat yang spesial di industri mode Tanah Air.

Salah satu kelebihan kebaya dibandingkan busana lainnya adalah kebaya sangat cocok dipadukan dengan jenis kain tradisional apapun. Tidak peduli apa warna dan bagaimana model kebaya, selalu ada kain tradisional yang mampu menyempurnakannya.

Meski demikian, ada baiknya kebaya yang dikenakan tetap mencerminkan keanggunan dan kearifan budaya khas Indonesia. Tujuannya supaya perempuan Indonesia terlihat semakin anggun saat mengenakan kebaya dan kain tradisional dengan aksesoris khas Indonesia berdasarkan pakem berkebaya.

Didiet juga menyarankan agar perempuan Indonesia menghindari penggunaan sepatu hak tinggi tertutup seperti pump shoes saat berbusana kebaya yang dipadu kain tradisional. Ini untuk mengukuhkan cara berbusana kebaya yang menonjolkan sisi Indonesia.

"Kebaya dan kain itu bagusnya dipadukan dengan mengenakan selop atau sandal wanita. Akan semakin terlihat bagusnya. Tasnya lebih bagus mengenakan sling bag. Kalau pakai sepatu platform atau pump shoes itu kurang cocok dipadukan," sebut Didiet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com