Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/11/2014, 15:23 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com --
Dunia fotografi profesional agaknya bukanlah bidang karier umum yang dijalani oleh perempuan Indonesia. Sebab, faktanya hanya segelintir perempuan yang menekuni dunia fotografi dan benar-benar sukses hingga dikenal sebagai seorang fotografer profesional.

Salah satu kaum Hawa yang berhasil menorehkan prestasi dan nama di jagat fotografi Tanah Air sekaligus internasional adalah Nicoline Patricia Malina. Berawal dari seorang mahasiswi fine art di salah satu Universitas di Belanda, iseng memotret kehidupan jalanan di negeri kincir angin, menjadi penata rias paruh waktu, dan bahkan sempat menjadi model, kini Nicoline sukses menjadi seorang fotografer fashion dengan karya yang telah dipamerkan di berbagai negara di dunia.

Nicoline sempat menyabet sejumlah penghargaan, seperti "Iconique Societas Excellence in Fashion Photography" tahun 2007, "Young Photographer of The Year", ELLE Style Awards tahun 2009 dan masih banyak lainnya.

Sebagai seorang fotografer, perempuan Kelahiran Surabaya, 6 Desember 1984 ini bercerita banyak keuntungan yang dirasakannya saat bekerja sebagai fotografer profesional yang mewakili jendernya. ''Aku bersyukur aku perempuan. Perempuan kan lebih suka fashion ya, jadi masuk ke sananya lebih gampang dan mengerti,'' jelasnya.

Sebagai pekerja lapangan, dirinya mengakui tentunya dituntut untuk memiliki fisik yang kuat. Untungnya, ia jarang sakit dan mencoba menjaga kesehatan. Meski begitu, fisik perempuan yang sering diidentikan lebih lemah tak menghalanginya untuk bekerja sebagai seorang fotografer.

Dirinya juga merasa sangat diuntungkan ketika harus memotret banyak model perempuan di dunia mode. ''Terkadang ketika dipotret sama-sama perempuan, mereka lebih mudah percaya dan nyaman. Untuk dapatkan foto yang aku dan klien mau, jadi jauh lebih mudah,'' terangnya.

Selain itu, Nicoline juga mengatakan bahwa menjadi fotografer perempuan memiliki keunggulan dibanding laki-laki. ''Perempuan itu beruntung karena dalam fotografi, lebih punya rasa dibanding teknik,'' ujar fotografer yang pernah memotret selebriti Hollywood Liv Tyler ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com