Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjadi Koki Andal dan Sukses, Perlu Bakat atau Banyak Latihan ?

Kompas.com - 26/11/2014, 15:30 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com -- Menjadi seorang juru masak atau chef  yang andal bukanlah pekerjaan yang mudah. Dibutuhkan banyak kesabaran karena untuk mencapai jabatan tertinggi sebagai Executive Chef, memerlukan waktu minimal 10 tahun lamanya.

Disamping itu, diperlukan ketrampilan, kemampuan, dan tentu saja passion yang mendalam. Hal ini diungkapkan oleh Executive Chef Hotel Dharmawangsa, Chef Vindex Tengker, yang telah berkarier selama 25 tahun, dan pernah bekerja di Spanyol dan Amerika Serikat.

Dengan Kompas Female, salah satu koki terbaik Tanah Air ini pun berbagi pengalamannya seputar dunia chef profesional.

"Chef itu seperti seorang pelukis. Semua orang bisa melukis, tetapi orang yang memiliki bakat melukis tentu karyanya akan lebih bagus daripada yang tidak," ujar pria berdarah Manado ini.

Selanjutnya, kata Chef Vindex, bakat seorang chef dapat diketahui ketika perasaan si chef tersebut sampai ke dalam masakannya. Ketika ada banyak orang memasak dengan resep yang sama, tetapi rasanya berbeda, ini dibedakan oleh bakat masing-masing kokinya. "Selain rasa, penataan di piring bahkan dapat mencerminkan seseorang memiliki bakat memasak atau tidak " Baru taruh masakan asal saja di piliring sudah terlihat indah." imbuhnya.

Namun, penting bagi seseorang untuk tak terlena dengan bakat yang dimilikinya. Pasalnya, menjadi seorang chef bukanlah perkara mudah. Chef Vindex sendiri menyarankan bagi seorang yang ingin menjadi seorang chef profesional untuk pintar mengembangkan diri dalam bidangnya

"Penting bagi chef untuk terus belajar, menimba ilmu, melihat tren yang ada, eksposure diri, serta selalu siap untuk tantangan yang datang," terangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com