Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Pasangan yang Pernah Berselingkuh Akan Kembali Berkhianat?

Kompas.com - 30/11/2014, 19:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Glamour

KOMPAS.com -- Ada yang mengatakan bahwa "sekali tukang selingkuh, akan tetap menjadi tukang selingkuh." Berpacaran dengan pasangan yamg pernah selingkuh memang dilema, ada kekhawatiran bahwa si dia akan kembali mengkhianati. Namun, benarkah pasangan yang pernah selingkuh akan kembali mengulangi perbuatannya?

Beberapa penelitian ilmiah telah dilakukan tentang polemik ini dan terbukti bahwa pasangan yang pernah selingkuh bisa kembali berselingkuh. Awal tahun ini, penelitian dilakujan oleh peneliti dari University of Denver, Amerika Serikat.

Penelitian itu menemukan bahwa orang yang pernah berselingkuh pada hubungan sebelumnya 3,5 kali berpotensi berselingkuh pada hubungan berikutnya. Secara terpisah, penelitian serupa juga dilakukan oleh beberapa dari University of Alabama, Amerika Serikat, yang dipublikasikan pada Journal of Research in Personality edisi Oktober 2014.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang berselingkuh, dalam hal ini "direbut" dari hubungan sebelumnya cenderung memiliki komitmen yang minim. "Kami menemukan bukti bahwa individu yang berselingkuh (memiliki sifat) kurang berkomitmen, kurang puas, dan kurang mencurahkan perhatian pada hubungannya," tulis para peneliti dalam laporan mereka.

Di samping itu, individu yang berselingkuh tersebut diketahui juga cenderung lebih tertarik pada alternatif hubungan asmara lain, dan lebih memiliki sifat tidak setia dibandingkan responden yang tidak berselingkuh.

Nah, penelitian ilmiah telah membuktikan dan memperingatkan bahwa berpacaran dengan orang yang pernah berselingkuh akan memberikan risiko Anda bisa saja diselingkuhi juga. Oleh karenanya, pelajari baik-baik apakah pasangan Anda pernah berselingkuh di masa lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Glamour
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com