Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Olahraga yang Tepat untuk Ibu yang Baru Melahirkan?

Kompas.com - 10/12/2014, 08:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com – Selain ASI, kekhawatiran banyak ibu yang baru melahirkan adalah bentuk tubuh yang melar dan bagaimana untuk mengembalikannya seperti sebelum mengandung. Kondisi yang demikian, membuat banyak perempuan mencari cara terbaik dan aman untuk berdiet serta olahraga.

Ada yang melakukannya dengan cara tradisional seperti menggunakan  korset,  mengonsumsi jamu, hingga yang paling inovatif seperti sedot lemak. Sebenarnya, tubuh pascamelahirkan bisa kembali “diperbaiki” lewat rutin berolahraga, bahkan bisa lebih langsing serta kencang. Namun, melangsingkan tubuh dengan olahraga memang membutuhkan kesabaran, tahapan, dan tentu saja waktu.

Perlu Anda ketahui bahwa proses pelangsingan tubuh bagi mereka yang melahirkan dengan metode caesar, cenderung lebih lama ketimbang yang melahirkan secara normal.

“Ibu yang baru melahirkan disarankan untuk ibu yang baru melahirkan adalah pilates. Gerakan pilates yang lambat dan tak menguras banyak keringat fokus pada pembentukan perut dan punggung, ideal untuk mengembalikan bentuk tubuh. Selain pilates, olahraga lain yang cocok adalah body balance, seperti gerakan taichi yang pelan-pelan tapi berfungsi untuk menyegarkan pikiran, tubuh, dan meningkatkan kesehatan,” terang Diana, Activities Coordinator, Vivafit di Kebon Jeruk, pada Selasa (9/12/2014).

Nah, saat bayi berusia lima bulan, Anda dapat mencoba kelas circuit yang memang menguras banyak keringat dan tenaga. Sebab, kelas circuit ini adalah kelas yang menggabungkan alat olahraga dan gerakan high impact, seperti lompat, berlari, sit up, push up, dan masih banyak lainnya. Kelas ini berfungsi untuk menurunkan berat badan dan membentuk tubuh menjadi ideal.

Selain itu, kelas lainnya yang dapat dijalani adalah kelas dansa seperti zumba yang tentunya memerlukan gerakan-gerakan cepat. Namun, untuk hasil maksimal , menurut Kusuma selaku District Manager Vivafit, mengatakan bahwa perlu adanya konsultasi dengan ahli gizi mengenai pola makan bagi ibu pascamelahirkan, khususnya bagi ibu yang masih produktif memberikan ASI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com