Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tulisan, Karya Seni Anak Bangsa yang Ingin Dongkrak Popularitas Jakarta

Kompas.com - 15/12/2014, 19:30 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis


KOMPAS.com –
Di tengah maraknya invasi produk mode, kecantikan, dan seni dari luar negeri, seorang putri Bangsa, Melissa Sunjaya, tidak hilang semangat dan ide dalam berkarya. Sebaliknya, dirinya membuktikan bahwa dirinya dapat bersaing dengan koleksi mode internasional, dengan membuka gerai di pusat belanja bergengsi di Jakarta, Plaza Senayan.

Dari sebuah hobi menggambar, Melissa berhasil menghasilkan sebuah karya mode nan produktif sebagai sumber penghasilan. Seperti yang diungkapkan oleh Melissa pada Kompas Female, dirinya memang sudah gemar menggambar semenjak kecil, sehingga dunia seni bukan sesuatu yang asing baginya.

Untuk mengembangkan bakatnya menjadi talenta profesional, Melissa pun mendedikasikan waktu dan upaya dengan mengenyam pendidikan di Art Centre College di Pasadena, Amerika Serikat, jurusan Visual Communication.

Berbekal bakat dan pendidikan formal di ranah seni, Melissa memberanikan diri mendirikan label Tulisan. Wanita berambut panjang ini menawarkan berbagai koleksi tas dengan gaya rancang serta motif unik yang mengandung sejumlah kisah serta dongeng rakyat khas Indonesia. Selain tas, Tulisan juga memproduksi dompet, alat-alat tulis, dan aksesori rumah.

Berkat pengalaman kerja di salah satu perusahaan mode terbesar di Amerika Serikat, Melissa pun memiliki jaringan kerja yang mumpuni dan potensial. Lewat mantan klien dan rekan kerja tersebut, Melissa memperkenalkan produknya di luar negeri. Ternyata, animo pecinta mode dunia terhadap karyanya sangat baik dan ini memberikan angin segar baginya untuk lebih mengeksplorasi pasar dalam negeri.

Gerai pertama Tulisan dibuka di Darmawangsa Square, The City Walk, Jakarta Selatan, pada Oktober 2014 silam. Kemudian, sesuai dengan impiannya, Melissa berhasil membuka gerai terbaru Tulisan yang berlokasi di Lantai 2 Plaza Senayan, Jakarta Pusat.

“Saya sudah ingin masuk Plaza Senayan sejak dua tahun lalu. Namun, banyak kendala, tapi syukurlah sekarang sudah resmi bisa membuka butik di sini,” terang Melissa.

Selain memamerkan dan menawarkan koleksi teranyar, Melissa juga mengungkapkan bahwa konsep dekorasi butik juga dipersiapkan dengan matang. Alih-alih menggunakan jasa interior designer berpengalaman, dirinya memilih memercayakan dekorasi butik pada sang mama, Didi.  

Konsep interior butik Tulisan di Plaza Senayan, seperti diakui Melissa, terinspirasi dari rumah seniman yang bermukim di California, Amerika Serikat. Keseluruhan desain butik terbuat dari kayu, sesuai dengan selera sang mama yang memang piawai memanfaatkan produk alam menjadi sebuah benda baru yang mengandung manfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Hasil pantauan Kompas Female, butik Tulisan banyak menggunakan lampu gantung klasik. Lalu, pada kanan kiri dinding dipamerkan berbagai gaya tas, dompet, buku, kartu remi, lukisan art work, dan aksesori.

Selanjutnya, Melissa mengaku, seluruh karya dan koleksinya merupakan perwujudan dari serangkaian ide kreatif yang ingin memperkenalkan Jakarta pada dunia.

Setiap produk Tulisan menawarkan keunikan tersendiri karena proses penciptaannya dilakukan dengan teknik manual. Alhasil, tidak ada satupun koleksi yang sama satu dengan lainnya. Selain itu, seluruh produknya menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan berstandar internasional.  Harga yang ditawarkan pun terbilang variatif, mulai dari Rp 20 .000,- hingga Rp 1,4 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com