Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/12/2014, 15:35 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com –- Selain mengganggu penampilan, bibir kering dan pecah-pecah juga akan menghalangi Anda untuk menyantap hidangan favorit karena rasa perih yang tak tertahankan. Berikut kiat tepat untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah.

1. Kurangi kebiasaan menjilat bibir
Tak sedikit orang yang memiliki kebiasaan buruk ini, bahkan tanpa disadari beberapa menit sekali mereka membasahi bibir dengan menjilat. Cara ini bukan solusi untuk menghindari bibir kering secara instan. Sebab, sering jilat bibir justru membuat bibir Anda rentan kering dan pecah-pecah.

2. Pilih pelembab bibir bernutrisi
Jangan pelit dalam memilih dan membeli pelembab bibir, anggap saja uang yang Anda bayarkan untuk produk pelembab bibir sebagai investasi kecantikan. Sebab, jika Anda membeli pelembab murah dengan kandungan tidak komplit, bisa jadi bibir Anda malah semakin rusak dan tidak menarik. Untuk itu, pastikan pelembab Anda mengandung SPF yang cukup, atau gunakan pelembab petroleum jelly.

3. Rajin minum air putih
Nah, dibandingkan Anda sering menjilat bibir sendiri, lebih baik basahi dengan meminum air putih. Sebab, kulit yang terhidrasi akan lembab secara alamiah. Minumlah setidaknya 2,5 hingga tiga liter dalam satu hari.

4. Jangan sembarang pilih lipshine
Produk lipshine memang baik dalam menghasilkan tampilan bibir yang merekah dan seksi. Namun, jangan asal pilih lipshine. Sebaliknya, pastikan lipshine Anda sehat, bernutrisi, dan mengandung vitamin. Tujuannya agar bibir tidak cepat kering.

5. Perhatikan sabun untuk wajah
Mungkin saja sabun pencuci wajah Anda ampuh dalam menangkal jerawat dan melembutkan wajah Anda. Namun, apakah sabun tersebut juga baik untuk bibir. Sebab, pada beberapa pencuci wajah ditemukan mengandung formula yang terlalu keras untuk kulit bibir yang cenderung sensitif.

6. Bersihkan bibir di malam hari
Bukan hanya wajah, bibir pun perlu perawatan intensif setiap malam. Caranya, rendam handuk dalam air hangat selama lima menit. Kemudian, gosokkan perlahan pada bibir untuk mengangkat kulit mati dan pecah-pecah. Lalu, oleskan pelembab bibir yang berguna dalam menutrisi bibir kala Anda sedang tertidur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com