Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/12/2014, 15:22 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com -- Memilih batik sebagai busana di hari raya Natal, bisa jadi pilihan yang unik dan membuat Anda berbeda. Akan lebih lengkap lagi, jika Anda dan keluarga membuat busana seragam dari satu corak batik tertentu. Hal ini tentunya akan menambah semarak hari raya dan kekompakan bersama keluarga.

Dalam wawancara Kompas Female bersama desainer sekaligus pemilik butik Sephora Batik asal Surabaya, Yuana, di acara pelepasan Puteri Indonesia ke ajang Miss Universe 2015 di Taman Sari Royal Heritage (17/12/2014), mengatakan bahwa batik bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai busana natal.

"Biasanya untuk busana natal, pilihan busana akan jatuh lebih ke dress tapi dengan model yang melebar atau flare. Sebab, Natal kan lebih ke pesta yang gembira, jadi lebih ke arah busana yang melebar atau besar-besar," terangnya.

Desainer muda yang karyanya diboyong oleh Puteri Indonesia 2014, Elvira Devinamira, ke karantina Miss Universe 2015 di Miami, Amerika Serikat, juga mengatakan bahwa  untuk pilihan busana anak-anak, batik dapat dibuat menjadi lebih praktis dengan model baju dan celana pendek agar tak membatasi gerak aktif anak-anak. 

Pilihan warna batik sendiri, lebih tepat yang berwarna cerah yang memiliki unsur merah atau hijau, tepat seperti warna khas Natal. Kini, Yuana membuat batik sesuai dengan tren yang ada, yakni batik dengan warna alami seperti cokelat dan merah bata.

Warna batik yang alami ini mulai menjadi tren semenjak Presiden RI, Joko Widodo, sering terlihat menggenakan batik dengan warna alam. "Tren batik tahun depan akan kembali ke warna cokelat alami, dengan motif-motif batik khasa Jawa Tengah dari daerah asal Pak Jokowi seperti parang dan kawung," imbuhnya.

Tak jarang para pelanggan Yuana memesan seragam batik khusus untuk keluarga untuk momen hari raya, seperti Natal. Jika Anda ingin mengenakan seragam batik bersama keluarga di hari Natal, tak ada salahnya mulai memburu bahan batik dari jauh-jauh hari, atau jika ingin lebih ringkas, belilah batik di toko batik besar yang menyediakan busana batik dalam segala ukuran dan usia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com