Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei Membuktikan bahwa Anak Suka Ritual Membaca Buku dengan Orangtua

Kompas.com - 11/01/2015, 17:00 WIB
Kontributor Female, Agustina

Penulis

KOMPAS.com -- Berdasarkan penelitian yang diuji oleh American Academy of Pediatric, sebuah lembaga yang menaungi sejumlah dokter anak di Amerika Serikat, menganjurkan para orangtua untuk rajin membacakan buku pada bayi, terutama semenjak berusia enam bulan. Sebab, ritual bercerita ini dapat menumbukan minat baca anak saat usia mereka menjelang dewasa.  

Belakangan ini, himbauan orangtua untuk rajin membacakan buku pada anak semakin “kencang” digaungkan. Sebab, menurut data dari studi US-Based Children’s Publisher Scholastic, jumlah orangtua yang masih membacakan cerita pada bayi berusia tiga bulan atau kurang, hanya mencapai 30 persen.

Penyebabnya adalah banyak orangtua yang merasa konyol membacakan buku pada bayi yang belum mengerti apa-apa. Padahal manfaat dari membaca buku ini sangat berguna kelak bayi tumbuh dewasa. Perlu Anda ketahui bayi yang tidak biasa mendengar ibu atau ayah membacakan cerita padanya, menyebabkan mereka jadi malas membaca saat bersekolah nanti.

Studi menyebutkan bahwa presentasi anak berusia 6 sampai 17 tahun yang hobi membaca menurun hingga enam persen. Penurunan ini lebih banyak terjadi pada anak lelaki ketimbang anak perempuan.

Kondisi ini disebabkan oleh karena saat usia anak bertambah, orangtua semakin malam meneruskan kebiasaan membacakan cerita. Menurut data yang diperoleh US-Based Children’s Publisher Scholastics, jumlah orangtua yang membacakan buku pada anak berusia anak balita mencapai 54 persen, kemudian menurun hingga 34 persen kala buah hati berusia 9 hingga 11 tahun. Lalu, terus menurun sampai nol persen ketika si kecil berusia di atas 11 tahun atau beranjak remaja.

Perlu Anda ketahui, studi ini juga mengungkapkan bahwa 40 persen anak mengaku masih ingin dibacakan cerita oleh orangtua meskipun sudah masuk ke usia remaja. Namun, mereka berharap orangtua memilih jenis buku yang sesuai dengan kebutuhan anak-anak berdasarkan usia. Sebab, para anak merasa rutinitas membaca buku membuat mereka merasa lebih dekat dan mudah berkomunikasi dengan orangtua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com