Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/01/2015, 12:53 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Menshealth

KOMPAS.com -- Saat kencan pertama, biasanya para pria mengajak wanita ke restoran untuk menikmati hidangan sambil mengenal satu sama lain. Ternyata, selain komunikasi dan pembahasan yang menarik saat kencan, ternyata pria juga memanfaatkan makanan manis untuk memikat hati si wanita incaran.  

Menurut riset terbaru yang dilakukan oleh Purdue University, Amerika Serikat, menunjukkan bahwa makanan manis membuat wanita lebih bahagia sehingga lebih muda untuk menarik perhatiannya saat sedang kencan.

Untuk meneliti, para partisipan diberikan deskripsi mengengai orang yang akan menjadi pasangannya. Kemudian, separuh dari jumlah partisipan diminta meminum minuman manis, sementara yang lainnya hanya minum air putih.

Hasilnya, kelompok partisipan yang meminum minuman manis menunjukkan sikap lebih tertarik dengan calon pasangan yang potensial. Tidak hanya itu, mereka pun mengharapkan hubungan yang dijalin dapat berkembang menjadi hubungan yang lebih intim. Hasil serupa pun diperoleh dari penelitian yang memberikan kue pada partisipan.

Nah, mengapa kecenderungan ini bisa terjadi? Para peneliti menjelaskan, otak mengasosiasikan rasa manis pada makanan atau minuman dengan konsep percintaan. "Ketika bagian pada otak tersebut terstimulasi dan menjadi aktif, maka bagian lainnya pun akan ikut aktif," ujar Dongning Ren, ketua penelitian.

Adapun penelitian serupa yang dilakukan secara terpisah menyimpulkan hal yang hampir mirip. Para peneliti menemukan bahwa ketika memikirkan tentang cinta, maka orang-orang cenderung merasa makanan lebih terasa manis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Menshealth
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com