Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibu yang Sering Mual Saat Hamil Bakal Lahirkan Bayi Sehat

Kompas.com - 21/01/2015, 14:02 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Parenting
KOMPAS.com - Setidaknya sebagian besar atau sekitar 85 persen wanita yang tengah mengandung merasakan mual selama trimester pertama masa kehamilan. Rasa mual ini tentu saja mengganggu karena membuat tubuh jadi terasa tak nyaman dan ibu hamil kesulitan untuk mengonsumsi makanan yang penting bagi kesehatan selama mengandung.

Ternyata, rasa mual yang kerap dirasakan para ibu hamil memiliki dampak positif. Sebab, menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Reproductive Toxicology, rasa mual tersebut merupakan sinyal baik mengenai kesehatan dan perkembangan janin dalam kandungan.

Para peneliti mengamati studi yang memonitor lebih dari 850.000 ibu hamil. Mereka menyimpulkam bahwa para ibu hamil yang merasakan mual dan muntah memiliki risiko keguguran yang lebih rendah dan bakal melahirkan bayi yang lebih sehat. Adapun kemungkinan melahirkan secara prematur hanya 6,4 persen, sementara pada wanita yang tak mengalami mual mencapai 9,5 persen.

Lalu, apa sebenarnya penyebab rasa mual selama masa kehamilan? Rasa mual disebabkan peningkatan hormon chorionic gonadotropin secara cepat. Hormon ini dilepaskan oleh plasenta selama trimester pertama masa kehamilan.

Para peneliti mengingatkan agar para wanita yang tetap bekerja selama mengandung untuk menyimpan biskuit atau kue kecil dan air putih di meja kerja. Tujuannya supaya rasa mual yang muncul tiba-tiba bisa diredam dengan camilan tersebut.  

Saat berkonsultasi dengan dokter kandungan, jangan lupa memberitahukan dokter Anda tentang rasa mual yang Anda rasakan, apalagi bila mual terbilang cukup parah.

Nah, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi rasa mual. Selain mengonsumsi makanan-makanan kecil sepanjang hari, minumlah air putih secara rutin. Di samping itu, Anda juga bisa menyantap permen jahe atau peppermint untuk mengusir rasa mual. Jangan lupa, istirahatlah bila diperlukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Parenting
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com