Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilot dan Militer adalah Pekerjaan dengan Tingkat Stres Tertinggi

Kompas.com - 22/01/2015, 15:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis



KOMPAS.com - Banyak orang yang memutuskan untuk berhenti bekerja di suatu perusahaan karena beban kerja yang begitu berat. Selain itu, terkadang profesi yang dijalani pun  seringkali membuat pegawai merasa stres. Nah, sebelum Anda memutuskan keluar dari tempat bekerja saat ini, ada baiknya Anda menyimak beberapa pekerjaan dengan tingkat stres paling tinggi di dunia.

Sebuah riset teranyar yang dilakukan oleh CareerCast merilis data peringkat pekerjaan dengan tingkat stres tertinggi dan terendah. Hasil riset yang diperoleh pun cukup menarik. Untuk membuat peringkat, CareerCast mempertimbangkan beberapa faktor yang menciptakan stres di kalangan pekerja, seperti tenggat waktu atau deadline, potensi berkembang dan kenaikan pangkat, frekuensi bepergian, dan persyaratan fisik.

Hasilnya, pekerjaan sebagai pasukan pemadam kebakaran, pilot, anggota kepolisian dan militer adalah pekerjaan dengan tingkat stres paling tinggi. Koordinator acara seperti perusahaan event organizer berada pada peringkat ke delapan karena pekerjaan ini memiliki deadline yang ketat. Sementara itu, reporter dan jurnalis berada pada peringkat sepuluh karena tanggung jawab menjadi "mata" publik dan deadline yang begitu menuntut.

Lalu, apa saja pekerjaan dengan tingkat stres paling rendah? Berdasarkan studi tersebut, ternyata penata rambut berada pada peringkat teratas. Selain itu, pekerjaan lainnya yang paling tidak memicu stres adalah audiolog, dosen, profesor, teknisi rekam medis, perajin perhiasan, teknisi laboratorium medis, penjahit, pakar diet, pustakawan, dan operator mesin pengangkat barang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com