Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Percuma Olahraga kalau Sering Duduk Terlalu Lama

Kompas.com - 23/01/2015, 11:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com -- Untuk memiliki tubuh yang senantiasa sehat dan bugar memang diperlukan latihan yang konsisten. Namun, hal yang demikian, untuk sebagian orang sulit terealisasi oleh karena pekerjaan dan aktivitas lainnya yang membuat tubuh terlalu lelah melakukan olahraga. 

Menurut laporan penelitian yang dipublikasikan pada Annals of Internal Medicine, ternyata olahraga pun tidak sepenuhnya dapat membuat Anda bugar. Sebab, manfaat olahraga dapat berkurang jika Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda dengan duduk sepanjang hari.

Dr David Alter, pakar jantung dari University of Toronto, Kanada dan peneliti senior dari Toronto Rehabilitation Institute beserta rekan-rekannya menemukan bahwa terlalu sering duduk dapat memicu tingginya risiko rawat inap, serangan jantung, kanker, hingga berujung pada kematian.

Para peneliti memperhatikan 47 studi yang menanyakan kepada responden tentang seberapa sering mereka duduk dan olahraga. Selain itu, para peneliti juga mengamati laju risiko penyakit jantung, diabetes kanker, dan kematian karena sebab lainnya. Semakin lama responden beraktivitas sambil duduk, misalnya menonton TV, maka semakin tinggi pula risiko penyakit-penyakit mengerikan tersebut.

"Hal yang mengejutkan saya adalah efek negatif dari lamanya waktu duduk juga seragam dengan total kematian, kematian karena penyakit jantung, kanker, dan kematian karena kanker," sebut Dr Alter.

Ternyata duduk terlalu lama berbahaya bagi kesehatan Anda, meskipun Anda sering berolahraga. Oleh karena itu, Anda bisa mengakalinya dengan beristirahat beberapa menit di tengah aktivitas Anda di kantor yang mengharuskan Anda duduk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com