Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hebohnya Kostum Nasional di Ajang Miss Universe 2015

Kompas.com - 23/01/2015, 16:45 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com – Ajang kompetisi kostum nasional di Miss Universe 2014, telah dilaksanakan kemarin malam (22/1/2015) di Florida International University, Miami, Amerika Serikat. Sebanyak 88 kontestan mengenakan busana khas yang mencerminkan negaranya masing-masing. Kompetisi pada sesi kostum nasional ini memang terlihat makin memanas. Beberapa negara memaksimalkan ide dan desainnya, hingga bisa dikatakan cukup mirip dengan kostum karnaval, tak terkecuali Indonesia.

Megah, bewarna, dan ramai. Kira-kira begitulah kalimat yang tepat menggambarkan beberapa kostum nasional negara-negera seperti Amerika Serikat, Venezuela, India, Portugal, dan masih banyak lagi. Amerika yang diwakili oleh Nia Sanchez mengenakan kostum berbulu besar yang melambangkan warna dan motif bintang pada bendera Amerika. Ada pula Venezuela, yang menggunakan kostum berbentuk pohon nasional asal negaranya dan diwakilkan oleh Miglebis Lynette Castellanos. Noyonita Lodh dari India mengenakan kostum besar, yang sekilas seperti bentuk busana seorang dewi India. Sementara kontestan dari Portugal diwakili oleh Patricia Da Silva, mengenakan kostum layaknya burung nasional dari negaranya. 

Saat bulan November 2014, Da Silva yang sempat hadir ke Kompas.com, mengatakan pada tim Kompas Female bahwa ajang Miss Universe tahun ini, Portugal akan semaksimal mungkin menampilkan kostum nasional.  Menurutnya, negara Amerika Latin dan Asia Tenggara dikenal memiliki kostum nasional yang menarik setiap tahunnya. Hal ini dibuktikan Da Silva dengan tampilannya yang memukau lewat kostum burung The Rooster of Barcelos yang dikenakan.

Namun, tak semua kontestan menampilkan kostum nasional yang heboh dan ramai, misalnya saja Lebanon yang diwakili oleh Saly Greige. Saly memilih gaun kaftan simpel bewarna ungu dengan motif bordir pada bagian dada. Lalu kontestan dari Swiss, yang diwakili Zoe Metthez, hanya mengenakan gaun longgar bermotif manik-manik dengan bendera negara di bagian samping. Gaun kontestan Slovenia, yang diwakili oleh Urska Bracko, justru lebih terlihat seperti gaun pesta perpisahan ketimbang kostum nasional.

Kostum nasional Chanel Beckenlehner, kontestan asal Kanada, bisa digolongkan sebagai yang paling unik. Dirinya mengenakan gaun konvensional abad 18 bertema olahraga hockey, lengkap dengan rambut palsu putih, tongkat olahraga hockey, serta papan hockey sungguhan!

Elvira Devinamira, Putri Indonesia 2014, tampil memukau dengan kostum nasional berdetail Borobudur yang berbobot 20 kilogram. Semoga saja Elvira berhasil menyabet gelar kostum nasional terbaik untuk ajang Miss Universe tahun ini, ya!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com