Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapkah Anda Mengeluarkan 400 Juta untuk Nama Anak Unik?

Kompas.com - 24/01/2015, 11:45 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com - Munculnya tren di kalangan selebriti Hollywood memberi nama anak-anak merka dengan nama unik, membuat sebuah perusahaan tergerak untuk membuat ide inovatif bagi masyarakat kaum jet set. Perusahaan Erfolgswelle asal Swedia, mengkalim bahwa perusahaan merka mampu memberikan nama anak yang unik dan tak pasaran kepada orang tua yang menginginkan suatu hal yang berbeda.

Tak sembarangan memilih nama, proses perusahaan ini untuk memilih sebuah nama bagi kliennya, bisa menghabiskan 100 jam serta mengikutsertakan tim profesional yang terdiri dari berbagai ahli. Total ada 13 copywriter dengan pedoman dari spesialis nama anak yang awalnya akan memilih nama tersebut. Setelah dipilih, nama anak akan dicek kembali oleh 4 sejarawan, untuk meyakinkan bahwa nama tersebut tak memiliki konotasi negatif di masa lampau, atau tak pernah digunakan pada generasi sebelumnya. 

Proses nama kemudian berlanjut lagi ke tahap bertemu dengan 12 penerjemah, yang rata-rata dapat berbicara dalam banyak bahasa di dunia. Tugas mereka adalah memeriksa bahwa nama anak ini tak pernah ada di negara lain, dan tidak memiliki arti buruk saat diterjemahkan dalam bahasa lain. Terakhir, nama akan dipatenkan oleh dua pengacara untuk mendaftarkan ke nama perusahaan dan merek dagang di dunia. Dengan proses yang luar biasa panjang, tak heran perusahaan ini membandrol nama anak dengan harga 21.000 poundsterling atau setara 392 juta rupiah kepada kliennya. 

Berbicara pada MailOnline, CEO dan pemilik dari perusahaan Erfolgswelle, Marc Hauser menjelaskan, "Kami bertemu dengan keluarga dan mendapatkan penjelasan panjang untuk mengerti latar belakang budaya serta kebutuhan mereka. Awalnya, kami akan memberikan mereka 15 hingga 25 nama, berdasarkan prefrensi mereka, dan kemudian kembali dengan 15 nama lagi."  Hauser mengatakan. pada dasarnya bisnis pemberian nama ini layaknya permainan bola tenis meja, seandainya keluarga tak menyukai nama yang diberikan. 

"Akhirnya kami akan mendapatkan tiga sampai lima nama, yang kami selidiki lebih mendalam lagi. Ketika satu nama telah terpilih, kemudian kami akan melakukan tes terhadap 780 orang untuk mencari tahu yang mereka pikirkan. Erfolgswelle, yang baru dimulai awal Januari 2015, saat ini telah memiliki beberpa permintaan nama bayi. Ketika diminta memberikan contoh nama, Hauser menolak dan mengatakan "Sejauh nama ini cocok untuk nama manusia, kami menjamin klien akan mendapatkan nama yang unik serta tak pernah didengar sebelumnya."

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com