Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/01/2015, 22:10 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber BOLDSKY

KOMPAS.com - Cemburu dalam suatu hubungan sah-sah saja, karena cemburu dapat membuat hubungan lebih berwarna, sekaligus menandakan bahwa Anda peduli dan memperhatikan pasangan. Tetapi ketika cemburu sudah berlebihan, ini yang membuat hubungan menjadi tak sehat, dan terancam bubar. Berikut adalah tanda-tanda orang yang cemburu berlebih, dilansir dari situs boldsky:

1. Anda merasa dianggap tak penting.
Ini adalah tanda awal dari kecemburuan. Biasanya Anda merasa tak dihiraukan dan tak dianggap penting oleh pasangan. Apalagi jika melihat pasangan dekat dengan lawan jenis. Kemudian Anda mulai membandingkan orang tersebut dengan diri Anda, dan memeriksa apa kekurangan dari diri Anda.

2. Merasa frustrasi.
Setelah bertanya-tanya sendiri, dan mencari kekurangan dalam diri Anda, hubungan Anda dengan pasangan mulai memanas akibat perdebatan seputar kecemburuan Anda.

3. Lebih mengontrol pasangan. 
Muncul keinginan untuk mengontrol pasangan Anda secara berlebih. Jika pasangan Anda patuh, Anda akan merasakan kebahagiaan yang aneh. Anda merasa seperti pemenang, sebaliknya, jika pasangan tak patuh, Anda akan memulai perdebatan. Melindungi secara berlebihan akibat cemburu (overptotective), itulah kata yang tepat untuk Anda.

4. Hilangnya keintiman Anda dan pasangan.
Chemistry antara Anda dan pasangan mulai menghilang, seiring dengan banyaknya perdebatan yang melelahkan. Anda tak lagi melihat pasangan sebagai belahan jiwa, karena tertutup oleh kecemburuan dan perdebatan. Ini adalah tahap yang sangat serius dalam suatu hubungan.

5. Mulai memata-matai pasangan.
Akhirnya Anda mulai bertingkah layaknya agen rahasia yang memata-matai pasangan. Mata-mata dapat dilakukan lewat melihat hal yang paling kecil seperti mengintip isi gadget pasangan secara diam-diam, memeriksa kontak media sosialnya, mengamati pola perilaku pasangan, dan masih banyak lagi. Tanpa membuat konfirmasi dengan pasangan, Anda menarik kesimpulan sendiri.

Sayangnya banyak orang yang tak sadar bahwa dirinya sedang berada dalam keadaan cemburu berlebih, dan justru melemparkan segala amarah pada pasangannya. Lebih baik untuk menemukan solusi bersama-sama!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BOLDSKY
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com