Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Menambah Jumlah Anak, Pikirkan Ini Dulu!

Kompas.com - 25/01/2015, 23:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber BOLDSKY

KOMPAS.com - Sebelum menambah momongan, ada baiknya memikirkan beberapa hal dibawah ini. Agar keputusan menambah anak, dapat menjadi keputusan yang tepat.

1. Usia.
Hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah usia. Usia mempengaruhi kondisi tubuh dan resiko kehamilan. Jadi sangat penting mempertimbangkan usia saat ingin menambah momongan.

2. Kondisi kesehatan,
Cek kondisi kesehatan Anda sebelum merencanakan kehamilan. Jika Anda memiliki gangguan kesehatan saat mengandung anak sebelumnya, hal tersebut juga perlu diperhatikan..

3. Keuangan.
Faktor keuangan keluarga adalah salah satu pertimbangan penting saat menambah momongan. Jangan pernah menganggap hal ini sepele.  

4. Kesepakatan dengan pasangan.
Jika hanya Anda yang ingin menambah Anak sedangkan pasangan tidak, maka sudah pasti ke depannya tak akan berjalan mulus. Berdiskusilah dan cari jalan keluar terbaik.

5. Jeda usia anak.
Banyak pasangan yang merasa perlu memberikan jeda usia antara anak pertama dan seterusnya. Sebaliknya, ada pula pasangan yang ingin cepat menambah anak, agar tak merasa kerepotan dua kali. Hal ini juga penting untuk dipertimbangkan.

Baagaimana dengan Anda?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BOLDSKY
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com