Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Wanita Karier Cenderung Tertutup soal Gaji Bulanan?

Kompas.com - 26/01/2015, 09:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Ada anggapan bahwa wanita menceritakan segala hal pribadi kepada sahabat-sahabatnya, mulai dari soal periode menstruasi hingga pertengkaran dengan kekasih. Lalu, bagaimana dengan gaji? Apakah wanita juga terbuka soal penghasilan bulanan mereka pada orang-orang terdekat?

Menurut pakar keuangan Nicole Lapin, terkadang ada kecenderungan wanita memiliki pendapatan yang lebih rendah dibandingkan pria. Seharusnya, kata Lapin, kaum wanita jangan merasa tidak nyaman saat mendiskusikan gajinya dengan pada sahabat. Sebab, secara umum, tidak banyak perbedaan yang mencolok di antara pendapatan para wanita dengan sahabatnya.

"Hadapilah, kita saling berbagi tentang berapa berat badan kita namun tidak dengan gaji kita," ujar Lapin, penulis buku Rich Bitch dan seorang advokat bagi wanita untuk berani berbicara tentang keuangan.

Lapin mengungkapkan, para wanita harus komunikatif untuk mendeklarasikan nilai yang mereka miliki. Ada baiknya juga para wanita mengetahui berapa besaran gaji yang lazim diberikan di industri yang mereka geluti. Lapin menambahkan, para wanita harus memiliki prinsip saat menentukan perolehan  gaji yang sesuai dengan keterampilan pada perusahaan.


Lalu, bagaimana caranya agar sesama wanita mau membuka diri dalam perbincangan tentang gaji? Faktor kenyamanan menjadi syarat utama, kata Lapin, ketimbang bertanya langsung yang malah akan membuat sahabat Anda merasa tak nyaman, jangan langsung mengarahkan pembicaraan ke topik tentang gaji.

"Katakan pada sahabat bahwa Anda ingin tahu tentang beragam manfaat yang ia peroleh dalam kariernya, termasuk tipe orang seperti apa yang dapat sukses mencapai karier seperti dia. Sahabat Anda akan merasa lebih nyaman jika dia dapat berbicara tentang posisinya secara umum dan Anda dapat belajar beberapa hal tentang itu," jelas Lapin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com